Sukses

Epilepsi, Berbahaya atau Tidak?

21 Jul 2018, 17:15 WIB
Pria, 23 tahun.

hai dok saya putri, saya hanya iningin bertanya apakah epilepsi itu berbahaya atau tidak

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Epilepsi adalah sebuah gangguan saraf kronik yang ditandai oleh kejadian kejang berulang akibat gangguan aktivitas listrik di otak. Setiap kondisi yang menyebabkan gangguan pola normal aktivitas saraf dapat menyebabkan kejang. Epilepsi dapat timbul dari perkembangan sel saraf yang tidak normal, ketidakseimbangan senyawa kimia dalam otak, atau kombinasi keduanya. Namun tidak semua kejang dapat dikatakan sebagai epilepsi. Diagnosis epilepsi baru ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis lengkap dan pemeriksaan EEG.

Terapi epilepsi sebaiknya dilakukan sedini mungkin setelah diagnosis epilepsi ditegakkan. Terapi pilihan untuk epilepsi adalah dengan pemberian obat antikejang. Jenis obat yang dipilih disesuaikan dengan jenis dan variasi kejangnya. Kebanyakan pasien hanya memerlukan satu jenis obat (monoterapi), meski masih terdapat beberapa yang memerlukan dua jenis obat antikonvulsan atau lebih. Pengobatan epilepsi diteruskan hingga dua tahun tidak mengalami kejang sama sekali, kemudian dosis obat diturunkan bertahap.

Sampai saat ini, epilepsi belum dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol dengan obat-obatan yang mencegah terjadinya epilepsi. 

Bila ada kecurigaan ke arah epilepsi, silakan berobat ke dokter saraf untuk orang dewasa atau ke dokter anak konsultan saraf untuk anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar