Sukses

Cacing Kremi di Vagina

21 Jul 2018, 17:15 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau tanya, dulu waktu kecil sempat mengalami gatal karena cacing kremi.. karena tidak bisa tidur, ibu saya menyiram air panas pada vagina lalu muncul cacing berwarna putih. Apakah cacing itu sekarang masih ada dok? Jika saya sudah minum obat cacing.. lalu jika sudah tidak ada, keluar dari mana yaa cacing nya? Atau jadi apa?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda maksud gatal dan putih apakah betul cacing kremi? Sebab bisa saja itu merupakan keputihan akibat jamur. Bila saat ini Anda tidak lagi merasakan keluhan yang sama, infeksinya tentu sudah tidak ada.

Selanjutnya akan kami jelaskan seputar infeksi cacing kremi.

Cacing kremi atau Enterobius vermicularis merupakan penyebab infeksi cacing kremi yang disebut juga enterobiasis atau oksiuriasis. Telur cacing kremi dapat terhirup dari udara kemudian tertelan atau dari kontak dengan penderita dan barang-barangnya sehingga telur cacing tertelan. Setelah telur cacing tertelan, larva akan menetas di dalam usus kecil kemudian menjadi cacing dewasa di dalam usus besar. Cacing dewasa betina kemudian bergerak ke daerah di sekitar anus untuk menyimpan telurnya di dalam lipatan kulit anus penderita. Seringkali penderita merasa gatal di bagian anus karena gerakan cacing dan bahan yang terdapat pada cairan untuk menempelkan telur. 

Infeksi cacing kremi memang dapat disembuhkan melalui pemberian dosis tunggal obat anti-parasit yaitu mebendazole, albendazole atau pirantel pamoat. Namun, walaupun telah diobati, infeksi ulang sering terjadi karena telur masih berada di dalam tinja selama seminggu setelah pengobatan dan masih dapat menjadi sumber infeksi. Untuk itu, seluruh anggota keluarga dalam satu rumah harus meminum obat tersebut karena infeksi ulang bisa menyebar dari satu orang kepada yang lainnya. Pakaian, sprei dan barang-barang lainnya sebaiknya sering dicuci untuk memusnahkan telur cacing yang tersisa.

Terkait dengan kesuburan, cacing kremi tidak mengganggu kesuburan. Jarang sekali infeksi cacing kremi yang menjalar ke organ kandungan di atas vagina. Namun demikian, infeksi ini harus diobati karena menimbulkan keluhan yang tidak nyaman bagi penderita dan karena dapat menular dengan cepat.

Kami sertakan beberapa artikel berikut untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar