Sukses

Setiap Jongkok ada Benjolan

21 Jul 2018, 17:05 WIB
Wanita, 45 tahun.

Salam.dr..mohon tanya..saat melahir dulu saya secara normal,dan setelahnya tidak di jaet.. Sekarang setiap jongkok bab,,ada benjolan mungkin kah rahim?menonjol keluar,,saya takut bemjplan utu keluar,dr bisakah robekan pada vagina yh telah lama melahirkan di jaet di rapikan? Dimanakah saya harus menjaetkan? Sakitkah? Trimakasih dr,,saya tunggu jawabanya.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Perlu dikonfirmasi dulu benjolan yang muncul saat Anda jongkok berasal dari vagina atau anus. Bila dari anus, maka kemungkinan yang dialami ialah wasir. Sedangkan bila dari vagina, bisa jadi ada prolaps uteri atau rahim yang turun.

Prolaps uteri atau turunnya organ kandungan (rahim) ke saluran kelamin (vagina) memiliki keluhan bermacam-macam, dapat berupa rasa tidak nyaman di kemaluan, seperti keluar benjolan dari kemaluan, hingga kesulitan berkemih. Banyak pilihan tatalaksana untuk prolaps uteri tergantung derajatnya, yaitu dapat melakukan latihan senam otot dasar panggul, menggunakan cincin rahim (pesarium), hingga operasi. Sebaiknya Anda berobat ke dokter kandungan terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan lengkap dan tatalaksana yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar