Sukses

Frekuensi Normal Buang Air Kecil

21 Jul 2018, 13:51 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok mau tanya dong...kan saya itu minun aer putih emang banyak...tapi jadinya sering banget kencing sehari lebih dari 2kali dari pagi sampe sore kdang 3kali kadang 4kali..apakah itu wajar???dan suatu saat saya pernah coba kurangun asupan air putih malah di badan jadi gak enak pegel dan lemes.bibi kering.apakah bagus gitu banyak minum aer putih dan sering buang air kecil.terimakasib

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

 

Rata-rata frekuensi buang air kecil normal bagi orang yang minum 2 liter air per hari adalah sekitar 7 kali dalam 24 jam. Kurang maupun lebih dari itu, misalnya sekitar 6-8 kali kencing dalam sehari masih termasuk dalam batas yang wajar. Satu hal yang perlu diingat, frekuensi kencing yang berbeda, misalnya antara 4-10 kali per hari, juga belum tentu menunjukkan bahwa seseorang memiliki kondisi medis yang perlu diperhatikan. Hal ini karena ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kebiasaan buang air kecil seseorang, yang umumnya dipengaruhi pola hidup orang tersebut.

Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kebiasaan kencing seseorang antara lain; jumlah cairan yang dikonsumsi, tipe cairan yang dikonsumsi (minuman yang mengandung kafein seperti alkohol, kopi, dan teh, bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil), suhu udara, obat-obatan yang mengandung diuretics, umur, aktivitas, dan ukuran kandung kemih seseorang.

Untuk menentukan apakah frekuensi kencing normal atau tidak, daripada menghitung seberapa sering kita berkemih, lebih baik kita melihat warna urine. Jika warnanya kuning keruh (mirip teh) atau gelap, berarti ada kekurangan cairan, dan sebaiknya menambah minum 1-2 gelas per hari. Sebaliknya, jika urine kita jernih, dan kita merasa terlalu sering kencing, kita bisa mengurangi minum sebanyak 1-2 gelas per harinya. Intinya, berapa kali pun kita kencing, asalkan warnanya jernih dan kita merasa nyaman, maka kemungkinan besar tidak ada yang salah dengan kebiasaan berkemih kita.

Mengenai keluhan nyeri perut kiri bawah Anda masih kurang jelas. Kapan nyeri ini muncul? Apakah ketika Anda kencing? Apakah ketika Anda berubah posisi? 

Sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik sehingga penyebab dari gejala nyeri perut kiri bawah Anda dapat diketahui dan diobati.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar