Sukses

Pantangan Makan Penderita Batu Saluran Kemih

21 Jul 2018, 13:51 WIB
Pria, 27 tahun.

Halo Dokter, saya merasa nyeri di perut kiri bagian bawah, dan setelah melakukan CT scan ternyata ada batu saluran kencing di ureter Kanan. Dokter sudah menyarankan untuk operasi tapi saya minta waktu 1 bulan lagi, yg saya mau tanyakan adalah apa makanan dan minuman yg harus saya konsumsi dan yang harus saya hindari selama 1 bulan ke depan demi kesehatan ginjal saya. Terimakasih sebelumnya🙏

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Berikut merupakan beberapa tips yang dilakukan untuk mencegahan timbulnya perburukan batu saluran kemih :

1. Minum banyak air putih sehingga produksi urin dapat me jadi 2-2,5 liter per hari

2. Diet rendah protein, nitrogen, dan garam

3. Hindari vitamin C berlebih, terutama yang berasal dari suplemen

4. Hindari mengonsumsi kalsium secara berlebihan

5. Pola makan yang dianjurkan tergantung dari jenis batunya, yang biasanya dapat diketahui dari pemeriksaan air kemih. Pengaturan pola makan ini pun masih harus dilakukan dalam pengawasan ahli gizi agar pada akhirnya tidak terjadi kekurangan. Batu yang paling sering terjadi adalah batu kalsium-oksalat dan batu urat, untuk itu pembahasan akan dibatasi hanya pada diet batu kalsium-oksalat dan batu urat :

- Batu kalsium-oksalat --> menjaga asupan kalsium tetap normal/sedikit rendah; mengurangi asupan garam dan protein hewani; kurangi konsumsi bahan makanan dan minuman sumber oksalat (kafein, teh, minuman soda/soft drink)

- Batu urat --> kurangi konsumsi bahan makanan dan minuman sumber asam urat (melinjo, emping, kacang-kacangan, bayam, coklat) Kurangnya asupan cairan dan kurang aktivitas juga merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya batu (tanpa melihat jenisnya), sehingga sangat disarankan untuk meningkatkan asupan cairan hingga 2-3 liter/hari dan melakukan aktivitas dini.

Kurangnya asupan cairan dan kurang aktivitas juga merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya batu (tanpa melihat jenisnya), sehingga sangat disarankan untuk meningkatkan asupan cairan hingga 2-3 liter/hari dan melakukan aktivitas fisik rutin dan teratur. Namun bukan berarti jika Anda banyak minum air dapat secara pasti mencegah batu ginjal, karena pembentukan batu ginjal berdasarkan banyak faktor, yang salah satunya adalah pola makan. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar