Sukses

Telat Suntik KB, Takut Hamil

21 Jul 2018, 13:52 WIB
Wanita, 20 tahun.

Sore dok, saya mau tanya saya kan pake Kb yg 3bulan nah kemarin saya telat suntik kb 2hari. Dan saya sempat hb dengan suami saya saat saya ingat kalau jadwal kb saya terlewat sore nya saat stlh saya hb dengan suami, saya langsung k klinik untuk suntik kb. Apakah ada kemungkinan saya akan hamil dok?

Terimakasih telah bertanya tentang telat KB melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kehamilan terjadi ketika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Hal tersebut terjadi jika dilakukan penetrasi (memasukkan penis ke dalam liang vagina) dan ejakulasi di dalam vagina. Kemungkinan hamil akan sangat tinggi jika berhubungan intim di saat masa subur.

Meski suntik KB dilakukan rutin, kehamilan tetap bisa terjadi karena setiap metode memiliki angka kegagalan. Angka kegagalan ini bervariasi, misalnya untuk KB suntik 1 bulan yaitu 3%, atau 3 dari 100 wanita yang menggunakannya berpeluang hamil. Untuk pil KB, angka kegagalannya lebih besar yaitu 25 dari 100 wanita. Yang cukup kecil di bawah 1% ialah KB spiral (IUD) dan implan.

Tentunya, telat suntik KB akan lebih meningkatkan peluang hamil ini.

Untuk menghindari kehamilan meski sudah ber-KB, sebaiknya Anda mengenali masa subur Anda dan menghindari berhubungan intim di waktu-waktu ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar telat KB. Semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar