Sukses

Akibat Karang Gigi Dan Gigi Berlubang

21 Jul 2018, 13:51 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya itu punya masalah bau mulut sudah lama dan kalau saya lihat kayanya akibat gigi berlubang dan berkarang saya deh, jadi kira-kira tindakan apa yg harus saya lakukan... Apakah harus di cabut giginya? Atau seperti apa? Mahal gak biayanya?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Salah satu faktor penyebab terjadinya bau mulut adalah penumpukan karang gigi dan juga gigi berlubang. Bila hal tersebut tidak diatasi meskipun sudah menggosok gigi 2 kali sehari tetap akan menimbulkan bau mulut. Sehingga untuk mengatasi bau mulut harus dihilangkan sumber penyebabnya.

Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar.

Sedangkan untuk perawatan gigi berlubang, Gigi yang berlubang kemungkinan masih dapat dirawat oleh dokter gigi. Jenis perawatan tergantung dari kondisi gigi dan seberapa banyak mahkota gigi yang tersisa. Bila masih memungkinkan dapat ditambal biasa, namun bila gigi sudah non-vital (syaraf gigi sudah mati) maka harus dirawat saluran akar terlebih dulu.

Sebaiknya gigi berlubang tidak dibiarkan lama tanpa perawatan, karena kerusakan dapat bertambah parah dan hal yang paling dikhawatirkan adalah dimana kerusakan pada gigi sudah tidak dapat diatasi lagi dengan perawatan dan gigi harus dicabut serta dapat menimbulkan infeksi dan membahayakan kesehatan. Jadi pencabutan gigi akan dilakukan bilamana keadaan gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi dalam rongga mulut dengan perawatan tertentu baik penambalan atau perawatan lainnya

Untuk estimasi biaya, kami tidak dapat memastikannya, karena masing-masing klinik dan RS memiliki harga yang berbeda.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar