Sukses

Nyeri Pinggang dan Diare Saat Haid

21 Jul 2018, 13:19 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok setiap menjelang haid pasti belakang terasa sakit jika lama duduk. Dan selama haid selalu disertai diare. Apakah ini wajar?

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri pinggang sata haid menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Keluhan nyeri pinggang saat menstruasi memang seringkali terjadi. Nyeri pinggang termasuk salah satu gejala dismenorea. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin. Nyeri pinggang pada saat dismenorea termasuk nyeri alih, sumber nyeri sebenarnya dari kontraksi otot rahim Anda, namun nyeri menjalar sampai ke pinggang.

Berdasarkan penyelidikan dalam tahun-tahun terakhir menunjukkan bahwa peningkatan kadar prostaglandin (PG) penting peranannya sebagai penyebab terjadinya dismenorhea ( nyeri pada saat menstruasi ) .

Terjadinya spasme miometrium ( ketenggangan otot uterus/rahim ) dipacu oleh zat dalam darah haid, mirip lemak alamiah yang kemudian diketahui sebagai prostaglandin; kadar zat ini meningkat pada keadaan dismenorhea dan ditemukan di dalam otot uterus. PGE2 (Prostaglandid E2) dan PGF2-alfa ( Prostaglandin F2-alfa) sangat tinggi dalam endometrium, miometrium dan darah haid wanita yang menderita dismenorhea primer ( dismenorrhea yang tidak diketahui sebabnya ) . PG menyebabkan peningkatan aktivitas uterus dan serabut-serabut syaraf terminal rangsang nyeri. Kombinasi antara peningkatan kadar PG dan peningkatan kepekaan miometrium menimbulkan tekanan intra uterus sampai 400 mm Hg dan menyebabkan kontraksi miometrium yang hebat. Atas dasar itu disimpulkan bahwa prostaglandin yang dihasilkan uterus berperan dalam menimbulkan hiperaktivitas miometrium. Selanjutnya kontraksi miometrium yang disebabkan oleh PG akan mengurangi aliran darah, sehingga terjadi iskemia sel-sel miometrium yang mengakibatkan timbulnya nyeri spasmodik. Jika PG dilepaskan dalam jumlah berlebihan ke dalam peredaran darah, maka selain dismenorhea timbul pula pengaruh umum lainnya seperti diare, mual, muntah.

Dismenorhea primer dapat dicegah atau dikurangi dengan cara Istirahat yang cukup , disertai :

Olah raga yang teratur (terutama berjalan)PemijatanYogaOrgasme pada aktivitas seksualKompres hangat di daerah perut (Prasojo,2005)Apabila dengan cara diatas tidak juga menolong dapat diberikan obat untuk mengurangi rasa sakit . Apabila hal tersebut sudah Anda jalani dan tidak juga berkurang , sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk dapat dievaluasi . Demikian jawaban yang dapat Kami sampaikan. 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar