Sukses

Alergi Seafood

21 Jul 2018, 13:19 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat Siang Dok, saya mau tanya, saya setiap habis makan cumi cumi entah pengolahan nya asin atau langsung dari laut itu setelah dimakan kok saya agak eneg di perut, terus ga nyaman gitu dok, susah sih buat di ungkapin, rasanya aneh aja di dalam perut dan tenggorokan, kenapa ya Dok? Mohon bantuanya Dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kemungkinan yang anda alami adalah alergi seafood. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen.Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, sangat mungkin bahwa alergi Anda bukan hanya disebabkan oleh makanan (seafood). Hal ini yang mungkin menyebabkan alergi Anda timbul meskipun Anda tidak mengkonsumsi makanan laut (seafood). Untuk itu, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda selain dari makanan laut (seafood).

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda.

Mengatasi Alergi dengan Antihistamine

Alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamine, sebagai respon saat kontak dengan alergen (penyebab alergi). Histamine merupakan salah sat zat kimia yang menyebabkan peradangan dan berbagai reaksi alergi pada kulit, saluran pernapsan maupun mata.

Saat histamine dilepaskan selama proses reaksi alergi, Anda akan mengalami gejala-gejala alergi.

Meskipun antihistamine tidak bisa menyembuhkan gejala-gejala alergi, obat ini bisa menghambat efek histamine dan mengurangi gejala-gejala yang Anda alami. Antihistaminemembantu meredakan gejala-gejala di saluran pernapasan, kulit dan mata.

Antihistamine akan bekerja lebih baik jika digunakan sebelum Anda merasakan gejala-gejala alergi. Jika digunakan secara teratur, antihistamine bisa membentuk perlindungan dalam darah untuk melawan alergen dan pelepasan histamine. Tapi, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter   

    0 Komentar

    Belum ada komentar