Sukses

Cairan ketuban atau urin?

21 Jul 2018, 12:15 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya lg tdr kluar cairan encer Itu apa ya.... saya tkut y air ktuban Kluar trs mnrus tapi ga sakit ... Bahaya / tdk dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Terdapat dua kemungkinan cairan yang keluar dari vagina saat kehamilan, yaitu urin atau cairan ketuban. Namun, sebelum membuat Anda lebih khawatir sebaiknya dahulu ciri dari masing-masing cairan tersebut. 

Untuk membedakan kedua cairan tersebut, ingat seberapa sering dan kapan terjadinya. Jika hanya pada saat tertentu seperti saat batuk, bersin atau tertawa terbahak-bahak, maka cairan yang keluar lebih mungkin berupa urin.  Kenapa dapat terjadi? Hal ini dapat disebabkan karena tekanan dari rahim(uterus) yang membesar menekan kandung kemih  (vesika urinaria ). Untuk mengatasi ini, Anda dapat melatih otot di sekitar vagina dengan cara latihan Kegel. Namun, tetap jangan kurangi minum karena ingin menghindari hal ini. 

Sedangkan cairan ketuban dapat berwarna jernih, kekuningan, mcenderung merah muda, cokelat atau hijau. Namun jika terjadi kebocoran air ketuban, maka keluarnya cairan akan terjadi secara terus menerus. 

Berdasarkan keluhan Anda, sepertinya cairan yang keluar dari vagina Anda berupa urin. Karena hanya keluar saat Anda batuk. Jika Anda ragu, coba berbaring dan gunakan pembalut  selama beberapa saat. Namun, jika ternyata pembalut menjadi basah, maka Anda dapat curiga cairan tersebut berupa kebocoran cairan ketuban. Segera periksakan kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan USG guna mengukur banyaknya cairan ketuban yang ada.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar