Sukses

Gigi Tiruan Untuk Gigi Ompong

21 Jul 2018, 11:19 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau menanyakan . Kalo umur di atas 17 thun kan gigi tidak bisa tumbuh lagi . Gigi dpan saya tidak tumbuh shingga harus menggunakan gigi tiruan . Tpi tidak rata juga . Apakah bisa gigi depan saya itu di sambung dengan gigi taring saya biar yg ompong itu tertutup . Mohon dijawab dok

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pencabutan pada gigi depan tentu saja akan menyebabkan gangguan pada estetik wajah, dan hal ini dapat diatasi dengan pemasang gigi tiruan. Gigi tiruan yang dapat dipasang segera setelah pencabutan guna mengindari masa ompong adalah jenis gigi tiruan immediate denture. Keuntungan dari pemasangan gigi tiruan jenis ini adalah selain tidak adanya masa ompong, immediate denture juga mampu berperan seperti plester terhadap luka pasca pencabutan dan mengurangi perdarahan. Namun terdapat juga kekurangannya dimana gigi tiruan jenis ini tidak selalu pas seperti gigi tiruan lainnya.

Untuk menentukan jenis gigi palsu untuk menggantikan gigi depan sangat diperlukan pertimbangan yang matang. Sebaik-baiknya gigi palsu, masih lebih baik gigi asli meskipun sudah direstorasi dengan mahkota tiruan cekat. Pilihan untuk gigi palsu ada 2 jenis yaitu gigi tiruan lepasan dan gigi tiruan cekat(tidak bisa dilepas pasang sendiri). Gigi tiruan lepasan umumnya terbuat dari akrilik. Gigi akrilik kekurangannya warna lama kelamaan akan berubah sehingga akan terlihat berbeda dengan gigi asli disebelahnya, cengkeram terbuat dari kawat logam sehingga estetis kurang baik, cengkeram kawat lama kelamaan akan membuat leher gigi menjadi terkikis. Bagian leher gigi yang terkikis akan membuat gusi turun, dan enamel serta sebagian akar gigi terkikis. Lama kelamaan bisa beresiko gigi patah. Keuntungannya harga lebih terjangkau, kebersihan gigi palsu baik karena gigi palsu dapat dilepas pasang dan dibersihkan setiap hari. Selain itu ada jenis gigi palsu lepasan yang terbuat dari bahan yang bersifat lebih lentur dan lebih fleksibel, bernama Valplast. Valplast tidak memakai komponen cengkeram kawat pada lengannya, sehingga nilai estetiknya lebih baik untuk gigi depan atas. Tapi juga memiliki kekurangan yaitu bisa menurunkan dan mengiritasi gusi karena daya cengkeram valplast ke gusi sangat kuat.

Sedangkan mahkota tiruan cekat biasanya terbuat dari bahan porselen atau ceramic, keuntungannya estetik baik, memiliki warna yang lebih mirip dengan gigi asli, warna tidak akan berubah dalam jangka waktu lama. Kekurangannya harga lebih mahal, perlu pengasahan di gigi sebelahnya. 

Ada baiknya Anda berkonsultasi lagi ke dokter gigi untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap, lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi ke dokter gigi spesialis prosthodonti (drg. Sp.Pros) yang khusus mendalami bidang gigi tiruan.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar