Sukses

Penanganan luka pada penyandang diabetes

21 Jul 2018, 10:21 WIB
Pria, 22 tahun.

Saya ingin bertanya, om saya akibat diabetesnya ibu jari kakinya menghitam dan sudah dipotong pada akhir bulan lalu tapi sampai hari ini lukanya belum sembuh dan jari telunjuk kakinya yang bulan lalu masih sehat sekarang mulai memerah dan sebagian menghitam, dan tiap malam om saya merasakan nyeri dibagian lukanya. Pertanyaan saya mengapa lukanya belum sembuh dan jari telunjuk kakinya sekarang memerah dan sebagian menghitam? padahal selalu ada perawat yang merawat lukanya. Apakah tindakan medis yang harus dilakukan agar lukanya cepat sembuh dan tidak menyebar? terimakasih dok.

Terimakasih telah bertanya seputar diabetes melalui fitur Tanya Dokter.

Di dalam dunia kedokteran, istilah diabetes basah dan diabetes kering sebenarnya tidak ada. Penyakit ini terbagi menjadi diabetes tipe-2, diabetes tipe-2 dan diabetes di usia muda (MODY). Masyarakatlah yang ‘menciptakan’ istilah diabetes basah dan diabetes kering untuk menggambarkan kondisi luka (gangrene) pada penderita. Luka tersebut merupakan komplikasi dari diabetes.

Pada diabetes kering, luka terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah akibat gula darah tinggi berkepanjangan yang menyebabkan sirkulasi darah terganggu dan luka menjadi sulit sembuh. Ini karena darah membawa oksigen dan nutrisi ke jaringan di sekitar luka, agar luka cepat sembuh. Jika aliran darah terhambat maka aliran oksigen ke jaringan sel pun akan terganggu atau bahkan bisa mati.

Sedangkan yang dimaksud dengan diabetes basah adalah diabetes dengan luka berbentuk basah akibat suatu infeksi. Luka diabetes yang sudah terinfeksi oleh bakteri akan mengeluarkan nanah di atasnya. Permukaan basah itulah yang memunculkan istilah diabetes basah.

Luka ini bisa menyembuh jika kadar gula darah mencapai target pengendalian yakni:

HbA1c <7% (optimal bila <6,5%)Gula darah puasa <80-130 mg/dL (optimal bila <110 mg/dL)Gula darah  2 jam post prandial (setelah makan) <180 mg/dL (optimal bila <140 mg/dL)Dan ini bisa dicapai dengan pengaturan pola makan, olahraga, dan konsumsi obat yang rutin. Pada kasus seperti ini, biasanya diperlukan pula insulin. Tanyakan pada dokter, regimen pengobatan apa yang terbaik untuk orang tua Anda.

Terkait dengan makanannya, agar luka cepat sembuh, konsumsi makanan tinggi protein seperti daging merah, ayam, ikan, dan telur.

Diabetes memang akan membuat luka menjadi sulit untuk menyembuh apabila luka tidak dirawat dengan benar, terutama bagian kaki. Apabila penyakit Diabetes yang om Anda miliki tidak terkendali, maka penyembuhannya akan lebih sulit lagi. Jadi memang yang sebaiknya om Anda lakukan adalah mengendalikan kadar gula darah dan merawat luka dengan baik. Plus diobati sesuai dengan penyebabnya.

Perawatan luka dengan diabetes dilakukan dengan selalu menjaga daerah yang terluka agar tetap dalam keadaan bersih dan mengoleskan pelembab ke kulit yang kering. Luka tidak boleh mengalami penekanan karena penekanan yang berulang dapat mengakibatkan semakin dalamnya luka. Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan luka agar cepat kering.

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar