Sukses

Gigi Renggang Setelah Lepas Behel

21 Jul 2018, 10:08 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok sy kmren bru lepas behel, trus bsknya gigi sy udah renggang kembali, kira” buat ngerapetin gigi depan itu gmna caranya yaa biar simpel? Apa harus d lem?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pada saat perawatan orthodontik dianggap selesai dan alat dilepas oleh dokter gigi, seharusnya Anda menggunakan alat lepasan yang disebut retainer. Tujuannya adalah mempertahankan posisi dan hubungan gigi-geligi yang sudah rapi dan harmonis antara gigi atas dan bawah. 

Gigi selalu memiliki kecenderungan untuk bergerak karena adanya gaya saat melakukan gerakan pengunyahan, apalagi saat seseorang masih dalam usia pertumbuhan (rata-rata di bawah 17 tahun) dimana tulang rahang terus bertumbuh dan posisi gigi mengikuti pertumbuhan tulang rahang. Berapapun usia pasien, setelah perawatan orthodontik selesai dan alat dilepas, tetap berpotensi untuk relaps atau kembali. Apalagi pada pasien yang masalahnya tidak sebatas gigi (dental) saja tapi juga tulang rahang (skeletal), misalnya rahang bawah yang lebih maju dan menyebabkan gigitan menjadi edge to edge atau gigitan silang/crossbite. 

Untuk memastikan perawatan apa yang paling tepat untuk menyelesaikan kasus Anda tetap diperlukan pemeriksaan secara langsung dan analisa kebutuhan ruang. Melalui pemeriksaan secara langsung dan mempelajari model gigi Anda, dapat dilihat sejauh mana keparahan spacing (kerenggangan) gigi Anda. Jika tidak terlalu parah maka mungkin dapat dirawat dengan alat lepasan. Pemakaian retainer memang mutlak dibutuhkan untuk mencegah terjadinya relaps. Namun, ada baiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter gigi anda mengenai masalah ini.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar