Sukses

Apa Penyebab Benjolan di Selangkangan?

21 Jul 2018, 05:56 WIB
Pria, 18 tahun.

doker..... saya kan lagi bisul di area lutut terus di sertai deman... terus tiba-tiba ada benjolan di area selangkangan dan kalo di pencet sakit, kira-kira gimana dok cara menyembuhkannya terimakasih,.......

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terimakasih telah bertanya tentang benjolan di pangkal paha melalui fitur Tanya Dokter.

Benjolan di pangkal paha atau area selangkangan memiliki banyak penyebab. Paling sering disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran kelenjar ini biasanya muncul akibat adanya infeksi pada saluran kemih atau infeksi menular seksual. Pada kasus ini biasanya terdapat nyeri bila benjolan ditekan. Apabila penyebabnya adalah infeksi maka seiring dengan infeksi tersebut menyembuh, kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. 

Pada kasus lain, pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh limfoma (kanker kelenjar getah bening). Pada kasus ini, benjolan biasanya membesar secara perlahan dan tidak nyeri. 

Benjolan pada pangkal paha juga bisa disebabkan oleh kista atau bisul. Pada kasus ini bisa disertai nyeri maupun tidak.

Karena banyaknya kemungkinan, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter. Benjolan tersebut perlu diperiksa secara langsung untuk diketahui letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama, apakah semakin membesar, dll. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan di pangkal paha. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar