Sukses

Pelebaran Pembuluh Darah pada Wajah

18 Jul 2018, 15:41 WIB
Wanita, 19 tahun.

jadi gini dok, karna kemaren-kemerenkan muka saya berjerawat dan sayakan memutuskan untuk mengobatinya didokter kecantikan, jerawat saya memang hilang dan bersih tapi akhir-akhir ini saya perhatikan dibagian hidung,pipi kakan kiri bagian bawah seperti ada garis-garis halus berwarna merah keunguan gitu, apa itu yang sering disebut spider veins do? terus apakah spider viens ini muncul gara-gara saya menggunakan cream pemutih/penghilang jerawat ini? dan kira-kira perawatan IPL bisa menghilangkan spider viens ini engga dok? terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang Pelebaran Pembuluh Darah pada Wajah melalui fitur Tanya Dokter

Kemungkinan keluhan Anda saat ini adalah terjadi pelebaran pembuluh darah di wajah yang disebabkan pemakaian steroid (di dalam produk kecantikan) dalam jangka panjang dan tanpa pengawasan dokter. Namun untuk dapat memastikan keluhan Anda saat ini, kami sarankan Anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilihat kelainan kulitnya.

Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai pelebaran pembuluh darah di wajah. Pelebaran pembuluh darah di wajah adalah kelainan jinak pembuluh darah kapiler di wajah,dimana kapiler membesar permanen. Pelebaran pembuluh darah ini terjadi karena melembahnya serat elastis pada dinding pembuluh darah. Bisa terjadi secara genetic. Paling sering terjadi di daerah pipi, dahi, hidung, lipatan mata, leher dan dada atas.

Terdapat dua jenis pelebaran pembuluh darah di wajah yang sering ditemukan, yaitu telangiectasia dan spider veins . Perbedaannya adalah pada sumber kapilernya. Telangiektasia berasal dari beberapa kapiler, sedangkan spider vein berasal dari 1 arteri kecil (arteriol).

Telangiektasia paling sering ditemukan pada:

1. Orang dengan kulit sensitif2. Orang yang sering terpapar sinar matahari yang berlebihan,3. Rosacea.4. Peradangan pada kulit atau pembuluh darah ,5. Orang yang sering menggunakan krim mengandung steroid atau merkuri secara berlebihan dan bebas tanpa pengawasan dokter.6. Penyakit autoimun, seperti lupus.

Telangiektasia terlihat seperti garis merah tipis di kulit , umumnya di pipi dan hidung. Dalam beberapa kasus, kapielrnya mungkin sangat kecil sehingga tidak terlihat dan hanya tampak gejala kemerahan umum di kulit

Sedangkan Spider vein adalah pembuluh darah balik (vena) di bawah permukaan kulit yang melebar sehingga menjadi terlihat jelas. Bisa hanya ada satu atau dalam jumlah banyak menyerupai jaring laba-laba.

Spider vein dapat terjadi tanpa penyebab pasti sebelumnya, atau terdapat pada:

1. Kehamilan,2. Penggunaan kontrasepsi oral3. Pasien dengan penyakit hati, seperti sirosis hati.

Spider vein terlihat seperti laba-laba karena arteriol (arteri kecil) tampak sebagai titik merah ditengah (seperti badan laba-laba) dengan telangiektasia memancar keluar dari pusat (seperti kaki laba-laba).

Penanganan

1. Elektrocauter2. Laser3. Intense Pulsed Light (IPL)

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Pelebaran Pembuluh Darah pada Wajah. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar