Sukses

Kaki Pegal Saat Bangun Tidur

20 Jul 2018, 06:31 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat siang dok, hari ini saya bangun tidur dengan kaki kiri saya terasa pegal dari bagian lutut sampai telapak kaki, itu kira2 kenapa ya dok? Kadang-kadang hal tersebut terjadi kepada saya beberapa kali, namun sangat jarang, mungkin bisa sebulan sekali bisa tidak. Posisi tidur saya menghadap ke kanan sambil memeluk guling, namun saat bangun posisi tidur sudah berubah. Kegiatan pada kemarin pun tidak banyak menggunakan tenaga kaki (karena hanya duduk di meja kantor dan pulang naik motor, dan saya jarang memakai kaki kiri sebagai tumpuan pada saat berkendara). Terima kasih dok~

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Pegal-pegal pada kaki saat bangun tidur bisa disebabkan oleh fibromyalgia.

Fibromyalgia adalah kondisi yang disebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Fibromyalgia juga memiliki ciri sebagai berikut: kondisi kurang istirahat, perasaan lelah saat bangun pagi, lelah, cemas, depresi, dan gangguan pencernaan.

Penyebab jelasnya belum diketahui. Meskipun fibromyalgia merupakan penyakit yang mempengaruhi otot, nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan peradangan pada jaringan dan tidak menyebabkan kerusakan dari jaringan. Fibromyalgia lebih berdampak pada kualitas hidup seseorang.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mulai melakukan peregangan pada otot tubuh Anda dengan cara berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat olahraga intensitas ringan-sedang saja seperti berjalan sudah cukup. Pastikan cukup isttirahat, jangan terlalu memforsir tubuh Anda sehingga Anda akan kelelahan. Sebab kurang tidur akan memperburuk kondisi fibromyalgia. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan juga untuk menjaga stamina Anda.

Jika keluhan dirasakan semakin menganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Baca juga: Fibromyalgia atau Nyeri Otot.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar