Sukses

Adakah Cara Untuk Menghilangkan Keloid?

20 Jul 2018, 05:49 WIB
Pria, 33 tahun.

Siang Dokter, Maaf menggangu, sekitar sebulan yang lalu, sy tersiram minyak panas pada daerah kaki. Area yang terkena siraman air panas cukup luas dan lebar serta amat sakit dan nyeri diawal2 proses penyembuhan. Penyembuhan membutuhkan waktu hingga saat ini , luka di daerah sendi masih belum kering dan mengeluarkan darah. Luka di sekitar sudah kering, namun berwarna merah keunguan dan mengkilap namun tidak gatal. Sy periksa ke dokter umum dok, dokter menyebutkan bahwa kemungkinan besar sy akan mengalami keloid. Mumpung masih awal nih dok dan keloidnya belum besar2 amat, mohon bantuannya dok, apa yang harus sy lakukan dan rekomendasi obat yang mengandung apa yang dapat membantu untuk menyamarkan keloid? Kira-kira berapa lama yang diperlukan untuk bekas luka tersamar tanpa bantuan dan dengan bantuan obat? Apakah terlambat bila sy mengunjungi dokter kulit sedari sekarang, apakah menunggu luka di sendi sy kering terlebih dahulu? Terima kasih Dok.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Proses penyembuhan luka terkadang akan meninggalkan bekas luka seperti keloid atau hanya garis-garis kehitaman atau berupa scar putih. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka dan faktor genetik (keturunan). Jika dalam keluarga Anda terdapat kecenderungan terbentuk keloid pada bekas luka, maka kemungkinan besar bekas luka anda juga akan membentuk keloid. Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. 

Bentuknya kenyal, mengkilat, dan dapat bervariasi dalam warna seperti merah jambu, merah daging, dan coklat gelap. Keloid tidak ganas, tidak menular, dan biasanya terdapat gejala gatal, nyeri tajam, dan perubahan bentuk. Pada kasus yang parah, dapat menghambat pergerakan dari kulit dan dapat membesar serta memberikan rasa gatal.

Tergantung besarnya, keloid umumnya diobati dengan menggunakan salap, suntikan steroid, laser, dan operasi. Namun, ada kemungkinan sekalipun sudah diobati tetap kambuh kembali.

Hingga kini, belum ditemukan pula cara untuk mencegah agar keloid tidak semakin membesar atau berkembang.

Selengkapnya dapat dibaca dalam artikel ini: Keloid dan Pengobatannya.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat sejak dini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar