Sukses

Berikut Penyebab Telat Haid yang Dialami

20 Jul 2018, 05:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Halo Dok, saya ingin bertanya. saya terakhir haid tgl 7 Juni 2018 dan hingga saat ini saya belum dapat haid lagi. belakangan saya memang sedikit stress dan kelelahan karena aktivitas di kantor, saya merasa kurang istirahat. beberapa hari lalu badan saya memang sempat drop. 2 hari terakhir ini saya merasa pinggang saya sakit Dok, dan beberapa hari lalu sempat keluar keputihan berwarna putih susu namun 2 hari ini sudah berhenti. apakah keputihan itu karena pengaruh penggunaan heels (saya kerja mulai jam 8.30-5.30 sore) ataukah krn faktor lain Dok dan apakah ada kelainan jika smp hari ini saya blm dapat haid lagi. terimakasih.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Terlambat haid 1-2 kali setahun merupakan hal yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

  • Perubahan berat badan (baik peningkatan/penurunan BB) yang drastis
  • Exercise berlebihan
  • Crash diet
  • Merokok, minum alkohol, minum kopi berlebihan
  • Menggunakan obat-obatan tertentu (hormon, kemoterapi, obat psikotik)
  • Stress psikologis
  • Penyakit kandungan (sindrom ovarium polikistik, myoma uteri, polip rahim, kista rahim, endometriosis)
  • Penyakit lainnya seperti gangguan tiroid

Terlambat haid juga merupakan salah satu tanda kehamilan. Namun demikian, telat haid tidak selalu berarti hamil. Cara paling mudah untuk memastikannya adalah melalui test pack. Bila hasil pertama negatif dan Anda masih ragu, ulang kembali 1-2 hari kemudian bila tetap belum haid.

Kami berikan pula 2 tips gaya hidup sehat agar haid Anda lebih teratur: 

  • Cari waktu untuk rileks setelah bekerja. Dapat berupa mandi air hangat, membaca, yoga, atau aktivitas apapun yang Anda senangi dan membuat Anda merasa rileks.
  • Usahakan konsumsi beragam jenis makanan sehat, yang berasal dari buah, sayur, karbohidrat dan lemak sehat, serta protein yang cukup. Suplemen multivitamin juga diperbolehkan.

Bila keluhan ini berlanjut hingga 3 bulan berturut-turut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan.

Tentang keputihan, tidak disebabkan oleh penggunaan sepatu berhak tinggi, melainkan akibat adanya pertumbuhan bakteri atau jamur yang berlebihan di vagina. Untuk mengonfirmasi apakah keputihan ini normal atau tidak, sebaiknya konsultasikan pula dengan dokter kandungan Anda.

Baca juga:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar