Sukses

Penyebab Dahak Berdarah

19 Jul 2018, 21:45 WIB
Pria, 21 tahun.

Tepatnya hari ini Kamis (19/7/18) secara tidak sadar, saya mengeluar dahak berdarah dengan kondisi yang tidak batuk / sakit (kondisi fit). Kalau boleh tau apakah gejala seperti itu berbahaya untuk kedepannya ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Sudah berapa lama Anda memiliki keluhan ini? Apakah terdapat gejala lain seperti batuk minimal 2-3 minggu, batuk berdahak, dapat bercampur dengan darah, berat badan dan nafsu makan menurun, sering berkeringat malam saat tidur? 

Jika hanya sedikit dan terjadi 1 - 2x banyak kemungkinan penyebabnya. Yang paling umum adalah pecahnya pembuluh darah-pembuluh darah kecil yang dapat terjadi ketika Anda mengeluarkan lendir hidung, bersih, atau batuk. Selain itu penyakit pada gigi atau gusi juga dapat membuat dahak yang dikeluarkan bercampur darah. 

Jika batuk disertai darah disebut sebagai hempoptisis. Ada banyak penyebab hemoptisis (masalah jantung, trauma, infeksi, penyakit paru-paru, dll). Di seluruh dunia, TBC adalah penyebab paling umum dari hemoptisis. Penyebab lain yang juga sering ditemukan adalah bronkitis, bronkiektasis, dan kanker paru-paru.

Jika jumlah darah sedikit dianggap hemoptisis ringan. Sekitar 70% dari hemoptisis ringan memiliki penyebab jinak dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa efek serius atau permanen. Hemoptisis juga dapat disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh batuk terlalu keras dan/atau infeksi bronkitis .

Pada orang dengan riwayat merokok, hemoptisis bisa menjadi tanda dari penyakit serius, termasuk kanker. Sebagian besar penyebab umum hemoptisis pada perokok adalah bronkitis, kanker paru-paru, dan pneumonia. Kanker paru-paru harus dicuriga pada perokok dengan usia ≥ 40 tahun. Bronkitis juga dapat memiliki gejala batuk berdahak disertai darah terutama pada pagi hari. Bronkitis kronis adalah salah satu bentuk penyakit paru obstruktif kronik ( PPOK ).

Pertama-tama yang harus Anda lakukan jika Anda merokok adalah berhenti merokok. Jika hasil CT-scan sudah ada, mungkin Anda dapat memberitahukan hasilnya kepada kami supaya kami bisa mencari kemungkinan diagnosisnya. Bronkoskopi penting untuk dilakukan untuk menyingkirkan penyebab hemoptisis lainnya. Dengan bronkoskopi akan terlihat jelas apakah ada kelainan pada saluran pernapasan Anda.

Kami menyarankan Anda untuk banyak minum air putih dan mengkonsumsi obat batuk yang dijual bebas untuk membantu mengencerkan dahak. Bila tidak membantu, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar