Sukses

Perkembangan Anak 6 Bulan

19 Jul 2018, 21:00 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat malam dok..saya indah, saya ingin menanyakan tentang anak saya..ank saya lahir 34 Minggu sekrng dia sudah 6m dan BB nya 7kg..ada beberapa pertanyaan yang saya ingin tanyakan dok, mengapa setiap dilatih duduk kepala anak saya selalu menunduk, dan setiap di dirikan jari kaki masuk kedalam, jadi anak saya belum bisa duduk sendiri dan berdiri tegak dok, mohon jawaban nya dok .. terimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Dalam rentang usia 6-9 bulan, sang buah hati akan menjadi lebih interaktif dari sebelumnya. Pada masa-masa tersebut bayi umumnya sudah dapat melakukan berbagai kegiatan sebagai berikut:

duduk (sikap tripod-sendiri)

belajar berdiri, dengan kedua kaki menyangga sebagian berat badan

merangkak meraih mainan atau mendekati seseorang

memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya

memungut 2 benda sehingga masing-masing tangan akan memegang satu buah benda pada saat yang bersamaan

memungut benda sebesar kacang dengan cara meraup

bersuara tanpa arti, seperti mamama, bababa, dadada, tatata

mencari mainan/benda yang dijatuhkan

bermain tepuk tangan/cilukbabergembira dengan melempar benda

memakan kue sendiri

Anda tidak perlu merasa khawatir karena setiap anak dapat memiliki variasi dalam pencapaian perkembangannya. Oleh sebab itu diperlukan peran Anda dan setiap orang yang berada di sekitar buah hati untuk merangsang perkembangannya dengan memberikan stimulasi secara periodik dan teratur. Pertama-tama latihlah otot-otot leher buah hati Anda agar kuat dan dapat digunakan untuk mengendalikan kepalanya. Letakkan buah hati dalam posisi terlentang. Pegang kedua pergelangan tangannya sambil menariknya perlahan ke arah Anda hingga badannya terangkat ke posisi setengah duduk. Apabila buah hati Anda belum dapat mengendalikan kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), maka latihan ditunda hingga otot-otot lehernya lebih kuat.

Setelah otot-otot lehernya cukup kuat dengan kontrol kepala yang cukup baik, bantulah sang buah hati agar dapat duduk sendiri. Mula-mula dudukkan buah hati Anda di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh ke belakang. Ketika dalam posisi duduk, berilah ia mainan kecil di tangannya. Apabila belum dapat duduk tegak, dudukkan buah hati Anda di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran ataupun penyangga.

Yang harus diingat adalah agar stimulasi tersebut dilakukan secara rutin dan bertahap hingga anak dapat mencapai perkembangannya dengan baik.  Anda dapat mengakses Rubrik Tumbuh Kembang Anak kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai berbagai hal yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk stimulasi untuk merangsang perkembangannya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

1 Komentar