Sukses

Benjolan Yang Tumbuh Pada Gigi Yang Berlubang

19 Jul 2018, 17:42 WIB
Pria, 17 tahun.

Hi dok Saya mempunyai gigi berlubang sejak umur 8 tahun, dan selama itu tidak ada masalah Namun belakangan ini, gigi berlubang saya muncul seperti gigi namun seperti gusi juga. jendolan tersebut tidak keras, namun kaku. Makan dan sikat gigi terasa tidak nyaman, terkadang juga sakit jika tercongkel oleh makanan yang dikunyah Kira kira itu hanya benjolan biasa atau apa? Cara kembalikan normal gigi berlubang nya gimana? Sebab nya karena apa bisa muncul benjolan kaku berbentuk seperti gigi, namu seutuhnya kayaknya gusi Gambar = https://drive.google.com/file/d/1w3RrpJNF7xPhSpQO_8KZYFZThoEZOaKo/view?usp=drivesdk

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Gigi Anda yang berlubang dapat dirawat oleh dokter gigi. Jenis perawatan tergantung dari kondisi gigi dan seberapa banyak mahkota gigi yang tersisa. Bila masih memungkinkan dapat ditambal biasa, namun bila gigi sudah non-vital (syaraf gigi sudah mati) maka harus dirawat saluran akar terlebih dulu.

Sebaiknya gigi keropos atau gigi berlubang tidak dibiarkan lama tanpa perawatan, karena kerusakan dapat bertambah parah dan hal yang paling dikhawatirkan adalah dimana kerusakan pada gigi sudah tidak dapat diatasi lagi dengan perawatan dan gigi harus dicabut serta dapat menimbulkan infeksi dan membahayakan kesehatan.  Jadi pencabutan gigi akan dilakukan bilamana keadaan gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi dalam rongga  mulut dengan perawatan tertentu baik penambalan atau perawatan lainnya.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, kemungkinan Kondisi yang Anda alami dapat diarahkan pada suatu kelainan berupa polip. Ada dua jenis polip yang dapat dijumpai pada gigi yang berlubang

1. Pulpa Polip. Memiliki karakteristik berwarna merah tua, sakit dan sangat mudah berdarah bila tersentuh, dan merupakan jaringan pulpa gigi yang mengalami hiperplasia. Polip seperti ini biasanya lazim ditemukan pada karies besar mencapai pulpa yang terjadi pada gigi tetap muda yang perkembangan akarnya belum sempurna.

2. Gingival polip. Memiliki karakteristik berupa warna merah muda yang senada dengan warna jaringan gusi di sekitarnya, tidak mudah berdarah dan tidak menimbulkan rasa sakit.Pada kondisi di mana pulpa polip terbentuk, maka kemungkinan besar gigi tersebut masih vital, sehingga diperlukan perawatan saluran akar yang akan mendorong penyempurnaan pembentukan akar gigi, sehingga perawatan saluran akar yang baik dan benar dapat dilakukan di masa yang akan datang.

Bila yang terbentuk adalah gingival polip maka penting bagi seorang dokter gigi untuk menentukan dari mana tangkai gingival polip tersebut berasal. Bila tangkai polip berasal dari percabangan akar gigi yang pecah, maka tidak ada tindakan lain yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan gigi tersebut kecuali pencabutan.

Namun, bila tangkai polip berasal dari gusi yang terjulur masuk ke dalam kavitas gigi karena kolapsnya salah satu dinding gigi hingga ketinggiannya setingkat atau bahkan berada di bawah ketinggian gusi, maka dokter dapat mengeliminasi polip tersebut dengan anestesi lokal, kemudian melakukan penambalan gigi dengan membentuk artificial wall bagi dinding gigi yang telah kolaps tersebut.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar