Sukses

Konsumsi Cetirizine Saat Menyusui

19 Jul 2018, 17:03 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok saya mau tanya, tadi saya ke puskesmas dikasih obat cetirizine sama dokternya, saya sudah bilang minta obat yg aman untuk ibu menyusui, tapi tadi saya searching di google kok ada pernyataan cetirizine sebaiknya dihindari untuk bumil dan busui...yang mana yang lebih akurat dok???mohon penjelasannya...terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Konsumsi Cetirizine Saat Menyusui melalui fitur Tanya Dokter. 

Cetirizine merupakan obat antialergi golongan Antihistamin selektif, dengan bahan aktif Cetirizine Dihidroklorida dan merupakan antagonis reseptor-H1 perifer yang mempunyai efek sedatif yang rendah pada dosis aktif dan mempunyai sifat tambahan sebagai anti alergi. Cetirizine berkerja menghambat pelepasan histamin pada fase awal dan mengurangi migrasi sel inflamasi.

Cetirizine mampu menurunkan gejala utama rinitis alergi seperti hidung berair, bersin, hidung gatal, mata berair lebih besar secara bermakna dibandingkan dengan loratadin dan plasebo. Selain itu, cetirizine dapat digunakan untuk demam dan alergi lainnya seperti urtikaria ideopatik kronik. Cetirizine mempunyai efek samping yang bersifat sementara diantaranya pusing sakit, kepala, rasa kantuk, agitasi, mulut kering dan rasa tidak enak pada lambung, terutama jika digunakan dalam jangka waktu lama. Pada beberapa penderita dapat terjadi reaksi hipersensitifitas termasuk reaksi kulit dan angiodema. Penggunaan cetirizine sebaiknya dihindari pada wanita hamil dan menyusui karena dieksresikan melalui air susu. Sebaiknya Anda kembali kontrol ke dokter dan menjelaskan keadaan Anda yang saat ini tengah menyusui, dengan demikian dokter Anda akan memberikan obat yang aman dikonsumsi untuk Anda dan bayi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Konsumsi Cetirizine Saat Menyusui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar