Sukses

Gigi Masih Nyeri Setelah Operasi Gigi Bungsu

19 Jul 2018, 13:37 WIB
Wanita, 24 tahun.

Pagi dokter. Saya mw tanya 3 hari yg lalu saya melakukan operasi gigi bungsu geraham bagian bawah sbelah kiri. Krna d bedah jd perlu d jahit. Hari ini adalah 3 hari pasca saya d bedah. Dokter bedah pun sudah memberi obat untuk saya. Dan obat pereda nyeri yg di berikan sudah habis saya minum .Namun knp sampai saat ini masih terasa sakit cenat cenut smpe ke kepala hingga susah untuk menelan. Bahkan smpai sariawan bagian lidah kanan saya. Bgaimana solusinya ya dokter

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda kami akan menjelaskan tentang Operasi pengangkatan molar tiga (yang dalam bahasa kedokteran disebut odontektomi). Setelah Odontektomi memang ada beberapa hal yang hampir pasti terjadi pada kebanyakan orang, seperti pembengkakan pada pipi, darah yang masih merembes setelah beberapa jam dan rasa sakit setelah efek obat bius telah hilang. Hal tersebut adalah sesuatu yang normal dan biasanya rasa sakit sedikit-demi sedikit akan semakin berkurang dari hari ke hari.

Namun pada beberapa kasus pasien dapat mengalami komplikasi yang disebut dry socket atau alveolar osteitis, yang merupakan bentuk komplikasi yang cukup sering terjadi paska od. Kondisi ini terjadi karena rusak/lepasnya bekuan darah yang telah terbentuk di soket bekas gigi yang sudah dicabut. Akibatnya tulang alveolar terekspos, dan proses penyembuhan terhambat.

Gejala dry socket diantaranya adalah rasa sakit yang sedang hingga berat, seringkali sakitnya berdenyut tajam. Rasa sakit tsb dapat terlokalisir/terbatas pada daerah gigi yang sudah dicabut, namun dapat juga menjalar pada telinga dan mata pada sisi yang sama dengan gigi yang baru dicabut/odontektomi.

Penyebab pasti dari dry socket masih belum dapat dipastikan tapi ada beberapa faktor yang dikaitkan sebagai pemicu terjadinya drysocket, diantaranya:

- pasien yang tidak mengikuti instruksi paska operasi dengan benar, misalnya instruksi untuk tidak melakukan gerakan-gerakan menghisap/menyedot/berkumur karena dapat mengganggu pembentukan bekuan darah

- pasien yang pernah mengalami riwayat dry socket pada pencabutan terdahulu; kasus dengan kesulitan/komplikasi saat pencabutan/odontektomi; pasien yang merokok; dan pasien yang menggunakan kontrasepsi lebih beresiko untuk mengalami dry socket. Demikian juga adanya infeksi terdahulu pada gigi yang dicabut, misalnya ada abses/granuloma pada ujung akar gigi.

- infeksi bakteri patogen selama dan setelah operasi terutama pada pasien dengan kebersihan gigi dan mulut yang buruk - pada salah satu literatur disebutkan penggunaan anestesi lokal memang dapat memicu

Untuk perawatan dry socket umumnya tidak mempan hanya dengan meminum analgesik (obat penghilang rasa sakit) saja.Pasien disarankan untuk kembali ke dokter gigi yang melakukan pencabutan.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar