Sukses

Pemilihan Pasta Gigi

19 Jul 2018, 13:31 WIB
Pria, 16 tahun.

Salam sejahtera dok, tanya dok, boleh atau tidak menggunakan pasta gigi yg berbeda, pagi pasta untuk gigi berlubang, malam pasta smoker? Atau ada saran pasta gigi ?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Dalam memilih pasta gigi yang tepat diperlukan kiat-kiat guna mengoptimalkan fungsi pasta gigi dalam menjaga kebersihan gigi. Disamping itu, pemilihan pasta gigi yang tepat juga berpotensi menekan timbulnya rasa ngilu pada gigi.

Beberapa tips memilih pasta gigi yang benar :

1. Pilih pasta gigi yang mengandung cukup fluoride. Kadar fluoride berfungsi untuk menjaga gigi agar tidak berlubang. Namun, anak-anak di bawah 3 tahun sebaiknya tidak memakai odol atau memakai odol tanpa fluoride. Karena, terlalu banyak fluoride juga tidak sehat dan membuat gigi lebih rapuh. Fluoride juga dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan jika terlalu banyak tertelan. Maka anak diatas 2-3 tahun hanya boleh menggunakan pasta gigi ber-Fluoride rendah.

2. Pilih pasta gigi yang memiliki kandungan detergent/baking soda  paling sedikit. Busa yang terlalu banyak mengindikasikan bahwa kandungan deterjen yang dimiliki juga banyak. Stigma bahwa semakin banyak busa semakin baik, tidak benar adanya.

3. Hindari langsung makan setelah menyikat gigi. Pasalnya, kadar asam mulut akan turun dan fluoride pun hilang, sehingga kuman akan masuk lagi. Aktifitas makan sebaiknya 1 hingga 2 jam setelah menyikat gigi.

Dari hasil penelitian di banyak negara Fluoride merupakan bahan yang terbukti dapat menurunkan prevalensi karies. Penambahan zat adiktif sebagai desinfektan juga dapat membunuh kuman-kuman yang ada di plak gigi hingga beberapa jam setelah melakukan sikat gigi.

Namun jangan salah kaprah, pasta gigi tidak dapat menyembuhkan gigi berlubang. Pasta gigi berFluoride berfungsi untuk melindungi gigi terhadap zat asam yang dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut. Untuk menyembuhkan gigi berlubang diperlukan perawatan gigi di dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar