Sukses

Benjolan Belakang Telinga

19 Jul 2018, 12:23 WIB
Pria, 18 tahun.

Halio dok, sya ingin bertanya tentang penyakit saya.... Sudah hampir 2 tahun benjolan di belakang telinga saya. Dan sudah sangat besar.... tapi dengan tdk sengaja pada saat saya tidur tdi malam tiba" pecah dang mengeluarkan bendah aneh. Seperti cairan kental, berwarna kekuningan, dan dengan benyung yg panjang.... seperti cacing dok... Tapi tdk bergerak dan bisa di hancurkan. Apa itu berbahaya dok? Apa saya harus mengeluarkan semua cairan kental itu?, karna masi ada yg tersisa dok. Mohon jawabannya ya dok.... mksi

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Sebelumnya kami perlu menanyakan beberapa informasi terkait keluhan Anda, sejak kapan keluhan muncul? Dimana tepatnya lokasi benjolan? Benjolan seperti apakah yang Anda maksud? Berapa ukuran benjolan tersebut? Apakah tepinya rata? Apakah benjolan tersebut padat atau lunak? Apakah berisi air, nanah atau darah? Apakah benjolan terasa nyeri atau gatal? Apakah disertai keluhan lain seperti demam? Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Apakah benjolan muncul bila Anda sedang sakit batuk, nyeri menelan?

Benjolan yang terdapat pada belakag telinga dapat mengarah ke berbagai kemungkinan seperti abses, kista, penyumbatan pori-pori, infeksi, tumor ataupun pembesaran kelenjar getah bening. 

Sayangnya kami tidak dapat menentukan diagnosis pasti dan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan karena kurangnya data seperti di atas dan keterbatasan untuk melakukan pemeriksaan fisik. Karena untuk mendiagnosis benjolan diperlukan anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mendetil untuk mengetahui penyebab dasarnya. Antara lain  jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll. Benjolan tersebut juga perlu diidentifikasi melalui pemeriksaan langsung dan mungkin juga pemeriksaan penunjang.

Oleh karena itu kami sarankan Anda konsultasi ke dokter karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan tambahan untuk menunjang diagnosis. Kami sarankan pula untuk tidak mengkonsumsi segala macam obat tanpa petunjuk dan pengawasan Dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar