Sukses

Bayi Sulit BAB

19 Jul 2018, 12:23 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hallo dok, perkenalkan saya ibu satu anak dgn usia anak baru 2 bulan 12 hari. Langsung saja, anak saya sudah 3 hari ke belakang ko susah sekali BAB nya yh dok, bahkan BAB nya itu keras dan terkadang ada bercak darah (entah itu karena saking kerasnya BAB sehingga menjadikan lecet atau apa saya kurang paham) apakah hal itu terjadi karena anak saya kurang minum susu? Soalnya setelah demam anak saya kurang untuk minum susu. Lalu susu apa yg harus anak saya konsumsi (dari awal lahir anak saya sudah dikasih formula NAN dikarenakan ASI nya kurang keluar banyak dan ada riwayat alergi susu sejak lahir) apakah susu yg baik dgn kondisi anak saya sekrg, apakah nan ph pro 1 atau nan lactose free? Mohon jawabannya dok, trims.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi sulit BAB atau konstipasi memang sering terjadi pada bayi. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehar atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari. Bila bayi minum ASI, BAB-nya bisa 12-15 kali dalam sehari.

Pada umumnya, kesulitan buang air besar terjadi pada bayi yang pertama kali diberikan susu formula atau makanan pendamping atau dalam kata lain bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat. Untuk bayi berusia lebih dari 6 bulan, mungkin bayi tersebut kekurangan cairan dan serat dalam makanan. Kemungkinan berikutnya adalah pembuatan susu formula yang terlalu pekat atau kental.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan lebih banyak cairan (ASI) pada bayi. Namun, jika kesulitan BAB ini tidak diiringi keluhan lain (rewel, sulit makan, muntah, dsb) maka perlu diingat BAB sekali dalam 3-7 hari pun tergolong normal.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar