Sukses

Hidrosalping

19 Jul 2018, 08:39 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok.. Saya mau tanya tentang hasil hsg saya. Kontras dimasukkan ke uterus melalui oue, tampak kontras mengisi kavum uteri dan tuba falopi kanan kiri. Kavum uteri= bentuk normal, dinding reguler tak tampak filling defect Tuba falopi kanan= tampak dilatasi , fillong defect maupun additional shadow , spill + ,tak tmpak peritubal filling. Tuba falopi kiri= tampa dilatasi, filling defect maupun additional shadow, spill +, tak tampak peritubal filling. Kesan= Hydrosalphing bilateral. Tetapi tuba kanan kiri paten Bentuk dan letak uterus normal Mohon penjelasannya dok. Dan apakah saya msih bisa hami normal?

Terimakasih telah bertanya tentang hidrosalping melalui fitur Tanya Dokter.

Hidrosalping adalah tuba fallopii (saluran telur) yang terisi cairan dan membesar, umumnya terjadi karena infeksi dari saluran tuba. Infeksi dapat terjadi akibat Infeksi Menular Seksual (IMS) yang menyebabkan Penyakit Radang Panggul, riwayat operasi sebelumnya, penyakit TBC, dan perlekatan akibat endometriosis dan kanker di sekitar tuba.

Hidrosalping tuba dapat ditangani dengan cara operasi yaitu membuka saluran tuba secara langsung. Namun apabila terjadi kerusakan yang berat pada saluran tuba dimana sel telur tidak dapat keluar meskipun sudah dikoreksi dengan operasi, maka sebaiknya dipertimbangkan cara lain dalam mendapatkan keturunan yang tidak melibatkan saluran tuba untuk dapat hamil. Diantaranya adalah program IVF (In Vitro Fertilization) atau dikenal dengan program bayi tabung.

Baca juga: Awas, Radang Panggul Bisa Ganggu Kesuburan Wanita.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar hidrosalping. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar