Sukses

Jari Nyeri

19 Jul 2018, 07:19 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo dokter! Jari tengah saya sakit dan ngeluarin ketika di tekuk dan saat diluruskan ketika saya pegang atau pencet jari saya dari bagian belakang itu terasa sakit, ini hanya sakit di jari tengah saja dan ini sudah berlangsung selama sebulan.. seingat saya awal mula jari saya sakit karena saya kadang suka mem’pletek’an Jari saya ketika pegal, sampai saat inipun jari tengah saya masih sakit ketika ditekuk, tolong bantu saya dokter. Oh iya, saya perempuan berusia 17 tahun. Terima kasih dokter:)

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan nyeri pada jari tengah menggunakan fitur tanya dokter dari Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kami menduga keluhan anda berasal dari gangguan otot, tulang, saraf atau persendian. Salah satu penyebab nyeri pada jari saat ditekuk adalah trigger finger.

Tringer finger adalah kekakuan tendon atau selubung tendon, suatu kondisi nyeri atau sakit pada jari-jari tangan, jari kaku bila ditekuk atau ketika mau di luruskan.

Kondisi ini mengakibatkan terkuncinya sendi jari pada saat di gerakan dari posisi fleksi (gerakan menekuk) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan).

Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis. Trigger finger biasanya lebih menonjol di pagi hari.

Insiden terjadi trigger finger lebih sering terjadi pada wanita di usia 40 - 60 tahun dan penderita diabetes melitus atau penyakit rematik.

Penanganan dilakukan dengan cara :

Istirahat. Jika keluhan ringan, mengistirahatkan jari mungkin dapat mengurangi gejala.

Obat obatan golongan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi gejala.

Suntikan steroid. Suntikan dilakukan ke dalam selubung tendo.

Sulit untuk menentukan diagnosis Anda dengan informasi yang terbatas dan tanpa pemeriksaan fisik. Kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga Anda bisa memperoleh terapi yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

1 Komentar