Sukses

Anak Demam, Muntah dan Diare

18 Jul 2018, 23:13 WIB
Wanita, 24 tahun.

MLM dok,saya yesi dari Riau,saya mau tanya,, Anak saya umur 1thn 10 bln,anak saya terkena flu n batuk sudah 10 hari tapi dri kmren sore secara tiba2 muntah pas batuk n berlanjut sampai skrng udh 24 jam dan anak saya muntah sudah lebih dr 30x,saya bawa k puskesmas ktnya harus d rawat tapi saya gk tega liat anak d inpus jd saya rawat drmh,tapi gk ad perubahan malahan dia demam padahal dr kmren dia gk ad demam n skrng dtmbh mencret jga,udh saya kasih antibiotik,zink n oralit tapi gk ad perubahan,gmna ya dok...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Diare dan muntah-muntah pada anak memang biasanya paling sering disebabkan karena rotavirus yang mengeluarkan toxin sehingga menyebabkan diare dan juga muntah-muntah. Diare dan muntah-muntah terjadi juga sebagai salah satu mekanisme untuk pengeluaran toxin tersebut dari saluran pencernaan (usus). Dan  gejala-gejala ini akan membaik dengan sendirinya. Yang perlu diperhatikan selama diare dan muntah-muntah terjadi adalah menjaga agar tidak terjadinya kekurangan cairan dan elektrolit (dehidrasi).

Bila anak masih dapat minum maka dapat diberikan cairan elektrolit, jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus. Saat ini anda perlu memperhatikan  bagaimana kebutuhan cairan dan elektrolit (pemberian air minum dan oralit) anak Anda terpenuhi. Jika anak tidak mau lagi minum atau makan sebaiknya dibawa ke rumah sakit untuk diinfus agar tidak terjadi kekurangan cairan yang sampai dapat menyebabkan kematian.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar