Sukses

Alergi Tato

18 Jul 2018, 18:44 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, sy punya tato di tangan bagian atas. Pertamanya kulit sy biasa saja. Skrg gatal dok seperti alergi bintik bintik menonjol di bagian tatonya saja, seperti mau tumbuh bulu. Kalo di garuk sakit dok, kulitnya jdi sensitif. Mohon penjelasan dan solusinya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan saat ini adalah kulit gatal-gatal dan muncul bintik-bintik berisi air setelah menggunakan tato. Kelainan ini mengarah kepada dermatitis kontak alergi. Dermatitis kontak adalah inflamasi / peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam (kemerahan) yang besar, gatal dan rasa terbakar serta timbul bintik bintik kecil berisi cairan dan hal ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut.

Gejala atau keluhan ini akan timbul selama Anda berkontak dengan bahan pencetus alergi. Penanganannya yang terutama adalah menghindari kontak alergen, yang dalam hal ini Anda sudah mengetahuinya yaitu tato. 

Penangangan dermatitis kontak alergi bisa diatasi dengan pemberian kortikosteroid topikal (bila ringan) maupun kortikosteroid oral, namun obat tersebut digunakan atas pengawasan dokter. Sayang sekali kami tidak dapat memberikan resep terkait dengan keluhan Anda, dalam memberikan suatu terapi obat dibutuhkan adanya data wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat kelainan kulit yang terjadi. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat dilihat uji kelainan kulitnya. 

Untuk bahan tato permanen harus ditanyakan terlebih dahulu, jika bahan sama maka kemungkinan anda untuk mengalami alergi lagi cukup besar. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Anda lekas pulih.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar