Sukses

Bau Badan dan Operasi Kelenjar Keringat

18 Jul 2018, 18:33 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok saya mau tanya Kalau saya berkeringat banyak atau tidak badanku bau amat dok,bagaimana cara mengatasinya ? Pafahal mandi terus pake parfum tapi masih aja bau badan ? Jika operasi kelenjar keringar berapa biaya yang harus saya keluarkan ? Untuk oengambilan semua kelenjar keringay Terima kasih

Terima kasih telah mempercayakan permasalahan kesehatan Anda kepada Kami.

Harga operasi bedah kelenjr keringat setiap rumah sakit di Indonesia harganya berbeda-beda tergantung di mana rumah sakit Anda melakukannya, siapa yang melakukannya, seberapa susah keadaan sewaktu pengerjaan dan komplikasi saat dilakukan bedah tersebut.

Bau badan sering dikarenakan keringat yang berlebih pada badan Anda. Keringat berlebih atau Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. 

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Mengenai psikis terjadi karena faktor psikologis (stress).

Bau tidak sedap yang berasal dari ketiak diakibatkan oleh bakteri pada kulit yang memakan keringat. Keringat yang terdapat pada ketiak dan sekitar alat kelamin memiliki komposisi yang sedikit berbeda daripada keringat yang terdapat di seluruh permukaan tubuh lainnya karena keringat pada daerah ketiak dan sekitar alat kelamin memiliki kandungan lemak.

Keringat yang telah keluar kemudian akan teroksidasi dan terfermentasi oleh bakteri dipermukaan kulit. Proses fermentasi oleh bakteri inilah yang membuat keringat menjadi berbau setelah keluar dari tubuh. Pada beberapa orang yang memiliki kandungan lemak yang lebih banyak di dalam keringatnya, terutama pada mereka dengan kegemukan, keringat yang keluar akan memiliki bau yang lebih menyengat dibandingkan orang yang kandungan lemak keringatnya tidak terlalu banyak atau normal.

Disamping itu, terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan timbulnya bau badan yang menyengat :

  • Banyaknya daerah-daerah lembab pada tubuh (seperti ketiak, lipatan paha, lipat payudara, atau perut yang posisinya tersembunyi). Keringat yang keluar di daerah lembap lebih sulit kering sehingga akan terbendung dan menyebabkan bau badan.
  • Iklim yang lembab atau panasnya ibukota juga dapat mengakibatkan keringat menjadi lebih berbau.
  • Aktifitas/kejadian yang memicu keluarnya keringat yang lebih banyak daripada normal.

Untuk mengatasi bau badan, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan pribadi, terutama kebersihan di daerah-daerah lembab.Beberapa tips untuk mengurangi bau badan diantaranya adalah :

  • Rajinlah mandi dan selalu membersihkan ketiak dan bagian lipatan kulit
  • Sering membersihkan ketiak dan daerah daerah lembab lainnya (lipat paha, lipat perut, lipat payudara, dll) saat berkeringat dengan sabun atau tisu
  • Gunakan baju yang longgar agar keringat di tubuh cepat menguap dan kering
  • Hindari berat badan berlebih
  • Mempersingkat proses oksidasi atau fermentasi oleh bakteri di kulit dan mengurangi produksi keringat. Misalnya dengan menggunakan deodoran yang mengandung antiperspiran

Jika cara-cara di atas tidak membantu, sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit dan kelamin agar dapat diberikan terapi yang tepat misalnya dengan pembedahan kelenjar keringat. Jika pembedahan kelenjar keringat dilakukan sesuai dengan indikasi maka seharusnya bau badan itu tidak akan muncul lagi setelah itu.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar