Sukses

Mengobati Hipertensi

17 Jul 2018, 15:02 WIB
Wanita, 40 tahun.

Dok, berat badan saya 70kg dan bulan april kemarin sya msuk rumah sakit krna pusing mendadak dan tekanan drah 260. Saat ini darah sudah 130-150 dgn amlodpin 10 tiap hari, nmun smpai hari ini rasa lemah badan, sakit kepla, maag(mnurut dokter), kadang terasa dingin badan/demam lebih dibagian blakang. Brat badan 60 kg "agak kurus. Mohon bantuannya dok. Trima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya tentang mengobati hipertensi melalui fitur Tanya Dokter.

Rasa lemah di badan dan sakit kepala yang Anda alami salah satunya bisa disebabkan dari hipertensi ataz tekanan darah tinggi. Darah tinggi atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan hipertensi adalah kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari ≥ 140 mmHg dan atau diastolik ≥ 90 mmHg. Untuk mendiagnosa hipertensi dibutuhkan 2 kali pemeriksaan tekanan darah di hari yang berbeda, dan dalam satu hari pemeriksaan pun dibutuhkan 2 kali pemeriksaan. Dimana diantara pemeriksaan bapak sebaiknya istirahat 15 menit. Apabila memang setelah 2 kali pemeriksaan tekanan darah tetap tinggi maka bisa disebut sebagai kondisi hipertensi.

Kondisi hipertensi sering tanpa gejala. Jika terdapat gejala, keluhan hipertensi antara lain: sakit/nyeri kepala, gelisah, jantung berdebar-debar, pusing, leher kaku, penglihatan kabur, dan rasa sakit di dada. Keluhan tidak spesifik antara lain tidak nyaman kepala, mudah lelah dan impotensi.

Faktor risiko dibedakan dalam 2 kelompok, yaitu kelompok yang dapat dimodifikasi dan yang tidak dapat dimodifikasi. Hal yang tidak dapat dimodifikasi adalah umur, jenis kelamin, riwayat hipertensi dan penyakit kardiovaskular dalam keluarga. Hal yang dapat dimodifikasi, yaitu:

Riwayat pola makan (konsumsi garam berlebihan).Konsumsi alkohol berlebihan.Aktivitas fisik kurang.Kebiasaan merokok.Obesitas.Dislipidemia.Diabetus Melitus.Psikososial dan stres.Peningkatan tekanan darah dapat dikontrol dengan perubahan gaya hidup.

Modifikasi gaya hidup.

Gizi seimbang dan pembatasan gula, garam dan , Diet kaya buah, sayuran, produk rendah lemak denganjumlah lemak total dan lemak jenuh yang rendah (Dietary Approaches To Stop Hypertension).Mempertahankan berat badan dan lingkar pinggang ideal.Gaya hidup aktif/olah raga teraturStop merokok.Membatasi konsumsi alkohol (bagi yang minum).

Jadi selain obat- obatan dokter, gaya hdup ini yang juga harus diperhatikan untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan terkait mengobati hipertansi. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar