Sukses

Bekas Pencabutan Tidak Dijahit

18 Jul 2018, 12:36 WIB
Wanita, 20 tahun.

Malam dok, tadi siang kan saya habis melakukan pencabutan gigi geraham saya yang kiri yang dibelakang sendiri dan itu lubangnya sangat besar sekali tapi habis melakukan pencabutan gigi saya bekasnya tidak dijahit sedangkan teman saya juga pernah melakukan pencabutan tapi bekasnya dijahit apakah itu pengaruh nanti bagi kondisi gigi saya dok Terimakasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Prosedur operasi pencabutan gigi geraham bungsu memang cukup menegangkan. Salah satunya tahap akhirnya adalah penjahitan. Kemungkinan bila tidak dilakukan prosedur penjahitan, pada saat operasi tidak dilakukan pembukaan gusi (flap). Hampir mirip dengan prosedur tindakan pencabutan gigi geraham lainnya. Biasanya dokter gigi cukup memberikan semacam spons yang berfungsi untuk menyerap darah di dalam luka bekas pencabutan (socket) untuk membentuk bekuan darah.

Yang harus anda lakukan adalah mengikuti instruksi yang diberikan pasca pencabutan gigi, yaitu :

1. Hindari minuman dan makanan panas.

2. Terlalu banyak meludah. Pasien terkadang risih karena terasa banyak darah di dalam mulut dan biasanya ingin diludahkan. Darah yang keluar sebaiknya ditelan saja. Agar bekuan darah yang sudah terbentuk tidak ikut terbuang.

3. Minum dengan sedotan.

4. Tidak berkumur terlalu keras. Berkumur saat sikat gigi atau berwudhu tetap dapat dilakukan namun tidak perlu terlalu keras.

5. Tidak memain-mainkan atau menyenggol luka bekas pencabutan dengan lidah.

6. Tidak Merokok. Tahan diri untuk tidak merokok minimal 1x24 jam setelah pencabutan.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar