Sukses

Tumor Hati

18 Jul 2018, 11:22 WIB
Pria, 37 tahun.

Dok.. Apa arti nodul hepatic atau hepatic adenoma dd/ nodul mestasis

Terima kasih telah bertanya seputar hepatoselular adenoma menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai tumor hati pasti sangat mengganggu Anda.

hepatic adenoma dd/ nodul mestasis maksdunya adalah tumor hati yang sudah bermetastasis ke beberapa organ tubuh. Untuk dapat menegtahuinya dibutuhkan pemeriksaan lab langsung dapat berupa xrey, PA, dsb. Tumor adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan suatu pertumbuhan, yang dapat bersifat jinak atau ganas. Tumor pada hati adalah pertumbuhan jaringan abnormal dan berlebihan di dalam hati. Penanganan dari tumor hati sangat tergantung dari beberapa hal, termasuk ukurannya, keganasan/kejinakannya, gejala-gejala yang ditimbulkannya, dan sebagainya. Dari wawancara medis yang detil, pemeriksaan fisis yang menyeluruh, serta pemeriksaan penunjang (termasuk pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan diagnostik lainnya seperti ultrasonografi (USG) dan sebagainya), diagnosis yang sesuai dapat ditegakkan.

Tumor hati banyak disebabkan awalnya oleh hepatitis (radang pada hati) B dan C. Hepatitis B dan C adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB) dan virus hepatitis C (VHC), yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau tumor hati. Hepatitis B merupakan penyakit hepatitis yang paling sering terjadi yang jarang diketahui orang awam. Virus hepatitis B dan C menular melalui darah dan cairan tubuh yang terinfeksi, hal ini dapat terjadi pada keadaan:

  • Kontak langsung jaringan terbuka dengan darah
  • Hubungan seksual yang tidak aman
  • Penggunaan jarum suntik tidak steril
  • Tertusuk jarum suntik yang terinfeksi
  • Jarum yang terkontaminasi yang digunakan untuk membuat tatto, akupuntur, body piercing
  • Pada saat kehamilan: penularan dari ibu-janin pada proses melahirkan
  • Penggunaan pisau cukur bersama
  • Transfusi darah

Terkait dengan penentuan metode penanganan yang paling sesuai untuk Anda, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik yang mendalam guna menentukan diagnosis yang tepat dan tatalaksana yang sesuai.

Demikian informasi seputar hepatoselular adenoma yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar