Sukses

Gangguan Mood, Bagaimana Mengatasinya?

18 Jul 2018, 11:03 WIB
Wanita, 19 tahun.

Hallo dok, nama saya Natasha. Saya seorang mahasiswi semester3. Saya sering kali merasa takut terhadap banyak orang, suasana yg ramai dan hal tersebut membuat saya sangat sulit beraktivitas. Saya sulit untuk bergaul sejak saat kecil, saya selalu merasa takut akan orang2 di sekitar saya. Saya juga susah membangun hubungan dengan orang lain (kerja kelompok, bersahabat, pacaran) saya seringkali cenderung untuk menyakiti mereka (baik tindakan atau perkataan saya terhadap mereka). Saya juga sulit beraktivitas di diluar krna saya selalu lebih memilih berdiam diri di kemar. Dan ketika saya mengalami stress dan tekanan yg sangat kuat saya merasa hilang kontrol sehingga mulai menyakiti diri sendiri. Saya merasa menyerah akan hidup saya. Mood saya juga gampang berubah, jika saya dalam mood yg buruk saya akan merasa sedih bahkan saya bisa merasakan sedih yg berlebihan. Selama ini saya selalu memandam semua hal untuk diri sendiri, saya tidak pernah menunjukan bahwa saya sedang sedih tertekan dan sebagainya. Saya selalu menunjukan hal2 baik, tersenyum berbincang dgn teman seperti tidak ada masalah. Namun setelah saya kembali sendiri, saya mulai merasakan kekosongan kesepian dan kesedihan itu lagi. Saya tidak tahu apa yg terjadi pada diri saya, saya tidak berani untuk berbicara pada orangtua. Hal ini sudah saya alami sejak kecil, dan semakin saya dewasa hal tersebut tidak kunjung membaik malah semakin sering saya mengalaminya.

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan mood menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami menjelaskan tentang mood.

Mood adalah kondisi perasaan yang terus ada yang mewarnai kehidupan psikologis kita. Perasaan sedih atau depresi bukanlah hal yang abnormal dalam konteks peristiwa penuh tekanan. Namun orang dengan gangguan mood (mood disorder) mengalami gangguan mood yang luar biasa parah atau berlangsung lama dan mengganggu kemampuan mereka untuk berfungsi dalam memenuhi tanggung jawab secara normal.

Bagaimana dengan kondisi Anda? Sudah berapa lama Anda merasakan hal ini? Jika tidak lama, mungkin Anda hanya mengalami mood swing. Namun, jika sudah lama, sebaiknya Anda ke dokter spesialis psikiatri untuk penanganan lebih lanjut.

Gangguan mood mencakup berbagai gangguan emosi yang membuat seseorang tidak dapat berfungsi- mulai dari kesedihan pada depresi hingga eufaria tidak realistis dan iritabilitas pada mania. Gejalanya pun bisa beragam, bisa salah satunya seperti yang Anda alami.

Gangguan mood sendiri masih diklasifikasikan menjadi berbagai diagnosis (berdasarkan DSM IV) misalnya: gangguan bipolar, depresi, disritmik, dsb. Untuk menentukan diagnosisnya dibutuhkan wawancara serta pemeriksaan lebih lanjut. Wajar atau tidaknya, tentu bergantung dari derajat keparahan gangguan tersebut, tipe gangguannya, dll.

Untuk mencegahnya tentu cobalah untuk menjaga mood Anda. Memang terdengar sulit, namun cobalah untuk menjaga mood Anda tetap baik dan menyenangkan dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi dan menghindari pikiran-pikiran negatif pada diri Anda. Bila Anda masih merasakan hal yang sama Anda dapat menemui dokter pskiatri terdekat, untuk dapat mengatasi lebih tepat terhadap keluhan Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang dapat bermanfaat bagi Anda:

Menjaga Mood Tetap Asyik

6 Cara Mengusir Bad Mood

Atasi Mood Swings Pre-Menstruasi Dengan Diet

Mood Selalu Kacau? Mari Perbaiki

Good Foods for Good Mood

Demikian informasi seputar gangguan mood yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar