Sukses

Mengkonsumsi Suplemen Vitamin C Berlebihan Apakah Ada Efeknya?

18 Jul 2018, 09:21 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam. Sy mau bertanya sblumnya dok.. 4 hri belkangan ini saya. Meng konsumsi suplemen ester c. Tp kenapa ya, sejak konsumsi itu perut saya sering mules...? It knapa ya? Adakah efek samping atau gmn?

Terima kasih telah bertanya seputar vitamin c dan kolagen menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Tidak ada masalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari selama masih dalam rekomendasi dosis, karena sifatnya hanyalah sebagai tambahan jika asupan vitamin C dari makanan sehari-hari masih kurang. Konsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari dapat menyebabkan mual, gangguan sistem pencernaan, kram perut, diare, dan meskipun mekanismenya belum jelas kemungkinan faktor terjadinya batu ginjal meningkat. Perlu diingat, bahwa dampak negatif tersebut banyak ditemukan pada konsumsi suplemen vitamin C bukan pada konsumsi natural dari bahan makanan.

Kolagen menyediakan struktur ke kulit yang bekerjasama dengan protein lain yang dinamakan elastin, yang berguna untuk membuat kulit lebih elastis. Kandungan kolagen dalam tubuh kita menurun sebanyak 1,5% setiap tahunnya mulai usia 25 tahun. Sehingga diperlukan bantuan asupan dari luar untuk membentuk kolagen dalam tubuh. Kita bisa memelihara tingkat kekencangan kulit dan menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pencetus pembentukan kolagen.

Untuk memastikan asupan kolagen Anda stabil ketika Anda diatas usia 25 tahun, maka ada beberapa sumber makanan yang bisa diambil sebagai sumber nutrisi guna membantu produksi kolagen di tubuh. Dalam salah satu penelitian yang diumumkan di International Journal of Cosmetics, disebutkan bahwa vitamin C memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen dalam tubuh. Konsumsi kolagen, bersama dengan vitamin C dan glikosaminoglikan telah diteliti dapat membantu kesehatan kulit. Suplemen dapat membantu selama kandungannya dapat dipercaya dan tertera dengan jelas pada produknya tersebut. Konsumsi kolagen saja masih diragukan apakah dapat membantu kesehatan kulit. Interaksi antara beberapa sumber nutrisilah yang terbukti dapat membantu kesehatan kulit. Efektivitas dan keamanan akan dapat diketahui jika dapat dengan jelas mengetahui kandungan dari produk suplemen tersebut. Perhatikanlah kandungan dari produk tersebut untuk dapat mempertimbangkan kegunaannya bagi diri Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar