Sukses

Mengatasi Keringat Bau Pada Anak
18 Jul 2018, 09:07 WIB
Pria, 6 tahun.

Malam dok anak laki2 saya berusia 6th diberkeringat seluruh badan pada saat dia bermain maupun tidur Jika dia bermain badannya bau asam apa itu penyakit apa normal bagi anak2 usia 6th terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar keringat anak bau asam menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Keringat diproduksi oleh kelenjar keringat atau kelenjar sebacea. Kelenjar sebacea memproduksi cairan keringat atas perintah sususan saraf otonom yang dikendalikan secara otomatis atau tidak sadar oleh tubuh.

Kelenjar keringat juga dipengaruhi oleh faktor hormonal. Ketika cairan keringat keluar dari tubuh dan berada di permukaan kulit, keringat ini akan dicerna oleh bakteri atau mikroorganisma yang hidup secara saprofit atau parasit (menumpang) di permukaan kulit. Cairan keringat ini lalu teroksidasi dan terfermentasi oleh bakteri.

Proses fermentasi oleh bakteri inilah yang membuat keringat menjadi berbau setelah keluar dari tubuh. Pada beberapa orang yang memiliki material lemak yang banyak di dalam keringatnya, terutama pada mereka dengan obesitas, keringat yang keluar di daerah lembab akan mengalami fermentasi oleh bakteri. Karena material lemaknya yang banyak maka bau keringat ini akan lebih menyengat dibandingkan orang yang material lemak keringatnya tidak terlalu banyak atau normal.

Keringat yang keluar di daerah lembap, seperti ketiak, lipatan paha, lipat payudara, atau perut yang posisinya tersembunyi akan sulit kering sehingga terbendung dan menyebabkan bau badan. Iklim yang lembab atau panasnya ibukota dapat mengakibatkan keringat menjadi lebih berbau.

Hal ini bukan merupakan penyakit sampai perlu konsultasi ke dokter. Untuk menghindarinya, yang paling terpenting adalah menjaga kebersihan pribadi. Beberapa tips untuk mengurangi bau badan diantaranya adalah :

1. Rajinlah mandi dan selalu membersihkan ketiak dan bagian lipatan kulit

2. Sering membersihkan ketiak saat berkeringat dengan sabun atau tisu

3. Gunakan baju yang longgar agar keringat di tubuh cepat menguap dan kering

4. Hindari berat badan berlebih

5. Mempersingkat proses oksidasi atau fermentasi oleh bakteri di kulit. Misalnya dengan menggunakan deodoran

6. Pakailah sandal atau tanpa alas kaki sesekali sangat membantu menghilangkan bau kaki

7. Jika memakai sepatu tertutup, gunakan kaus kaki katun yang menyerap keringat

Demikian informasi seputar keringat anak bau asam yang dapat kami samapaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar