Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Keluar Cairan dari Kemaluan
18 Jul 2018, 06:08 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya saat saya buang air/BAB keluar cairan seperti seperma dipenis tapi bening, dan saya tidak merasakan gejala apa2. Saya juga tidak pernah berhubungan intim. Bagaimana dok itu normal /tidak ,terus penanganannya gimana?

Terima kasih telah bertanya seputar keluar cairan dari kemaluan melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk memastikan apa yang menjadi penyebab keluarnya cairan dari kemaluan, diperlukan data tambahan dan juga pemeriksaan langsung. Perhatikan apakah ada nyeri saat Anda berkemih, apakah ada keluhan lain seperti rasa panas atau dorongan untuk sering berkemih?

Cairan yang keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran cairan terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Selain itu, pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) penis dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainnya.

Untuk memastikan diagnosis dari keluhan yang Anda rasakan kami anjurkan Anda memeriksakan diri ke dokter mendapat penanganan yang sesuai.

Demikian informasi seputar keluar cairan dari kemaluan melalui yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar