Sukses

Pertanyaan - #253570

17 Jul 2018, 09:17 WIB
Wanita, 31 tahun.

dok, saya mempunyai 3anak dan yg paling kecil usia 14bl. Kami hampir setiap akhir pekan keluar rumah walaupun hany k mall. Apakah itu berpengaruh utk kesehatan bayi saya. Makasih dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Bayi usia 14 bulan merupakan masa dimana terjadi tumbuh kembang yang pesat. Masalah kesehatan, status gizi, perkembangan dan pertumbuhan harus dipantau optimal selama masa golden periode ini. Apakah pergi ke mall atau keluar rumah berbahaya?

Dari satu sisi, kuman seperti bakteri dan virus ada dimana saja, baik di dalam dan di luar rumah. Apabila di dalam rumah terjaga kebersihan dan tidak ada yang sakit di dalam rumah, memang risiko terpapar lebih banyak jenis kuman lebih besar di luar rumah karena adanya orang lain dan lingkungan yang lebih luas dan beragam. 

Di sisi lain bayi butuh stimulasi yang adekuat untuk perkembangannya. Mengenal lingkungan, tumbuhan, hewan dan berbagai benda yang tidak ada dirumah akan baik bagi perkembangannya walaupun stimulasi di rumah juga sama pentingnya. 

Jadi apakah berbahaya pergi keluar rumah? Semua ada sisi baik dan negatifnya. Boleh keluar rumah namun hindari tempat-tempat yang berisiko menimbulkan penyakit, misalnya rumah sakit, tempat yang banyak orang merokok, tempat dengan polusi udara tinggi, dll.

Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat ya

0 Komentar

Belum ada komentar