Sukses

Pertanyaan - #253568

17 Jul 2018, 09:17 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang dokter saya mau bertanya tentang siklus mens saya yg 2 bulan terakhir sangat tidak teratur. Awalnya 5 bulan setelah menikah siklus mens saya masih normal pada awal bulan namun semenjak bulan juni-juli jadi berantakan,tanggal 7 juni 208 awal saya mens berakhir tanggal 13 juni 2018 seharusnya mens lagi tanggal 7 juli ya dok tapi tanggal 25 juni 2018 saya mens lagi dan berakhir tanggal 4 juli 208. Selang seminggu tgl 15 juli 2018 saya mens lagi dokter. Sebelumnya saya sudah konsul ke dokter kandungan tapi hanya di beri obat penyeimbang hormon dan mensnya berhenti tapi ini mens lagi dan pertanyaannya adalah 1. Kenapa akhir2 ini mens saya tidak teratur dok ? 2. Apa saya keguguran karna mensnya keluar setelah saya berhubungan Mohon di jawab dok..terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami mengenai mens tidak teratur,

Penyebab siklus mens yang tidak teratur ada banyak. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bila siklus haid tidak teratur, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab dari siklus haid Anda yang tidak teratur.

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

Malnutrisi (kurang gizi)

Stres psikologis

Atlet

Kekurangan vitamin K

Penggunaan obat-obatan tertentu

Kelainan pembekuan darah

Gangguan hormon tiroid

Dan lain sebagainya

Untuk pertanyaan kedua, "Apa saya keguguran karna mensnya keluar setelah saya berhubungan" ? Keguguran terjadi apabila setelah terdapat pembuahan namun karena satu atau beberapa sebab, janin tidak dapat dipertahankan. Pembuahan terjadi setelah pertemuan ovum dan sperma. Pelepasan ovum atau sel telur pada wanita terjadi pada masa subur. Pelepasan ovum atau ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14. 

Semoga penjelasan kami dapat bermanfaat,

0 Komentar

Belum ada komentar