Sukses

Pertanyaan - #253558

17 Jul 2018, 09:17 WIB
Wanita, 18 tahun.

Assalamualikum. Tangan saya melepuh terkena cipratan air panas, lalu saya beri salep bioplacenton namun tidak ada hasil. Setelah itu saya pergi ke dokter spkk dan diberi krim anti iritasi dan krim malam. Daerah di luar sekitar luka lumayan mengering namun bekas luka itu sendiri skrng warnanya sangat kontras dgn kulit saya. Bagaimana caranya agar bekas luka itu samar sampai tidak terlihat lagi? Dengan cara laser atau apa dokter? Bekas luka ini sangat berpengaruh pada penampilan saya, karena saya akan mengikuti tes pramugari. Jika bekas luka ini blm hilang saya blm bisa mengikuti tes itu. Mohon jawabannya. Wassalamu'alaikum

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya pada fitur Tanya Dokter mengenai bekas luka cipratan air panas,

Bekas luka bakar yang Anda alami disebut dengan perubahan pigmentasi paska cipratran air panas. Krim yang umumnya digunakan adalah krim yang mengandung hidrokuinon. Sebagian hipopigmentasi tidak respon terhadap obat-obatan maupun krim tertentu, sehingga yang dapat dilakukan adalah menyamarkan area tersebut dengan make-up permanen.

Ada beberapa alternatif lain yang biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit, yaitu dengan menggunakan IPL (intense pulsed light), laser, microdermabrasion, atau chemical peeling. Untuk kasus Anda, jika inign menghilangkan secara permanen, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Dokter kulit akan memeriksa seberapa luas bekas luka bakar Anda dan memberikan pilihan pengobatan yang paling sesuai untuk kondisi Anda. 

Demikian informasi kami sampaikan seputar menghilangkan bekas luka. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar