Sukses

Pertanyaan - #253555

17 Jul 2018, 09:16 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat Pagi Dok, Saya baru ditinggal Ibu saya pulang ke rahmatulah. Saya memiliki adik perumpuan kelas 2. Bagaimana dong dengan keadaan psikologis anak2 ketika ditinggal orang yang selama ini selalu dekat dengan dia. Apa yang harus saya lakukan agar adik saya tetap mampu tumbuh dengan baik dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih sudah bertanya pada kami,

Kami turut prihatin atas kondisi yang Anda alami, dan kami turut berduka cita atas kehilangan Anda.

Peran ibu memang sangat penting, namun pada kondisi ini penting untuk menjelaskan kepada adik bahwa saat ini raga ibu sudah tidak lagi bersama. Adik Anda akan kehilangan sosok ibu, maka sosok Anda diperlukan untuk mendukung adik apabila dibutuhkan. Didalam mengatasi kondisi seperti ini, kami menyarankan Anda dan adik untuk menceritakan isi hati satu sama lain. Hal ini bertujuan untuk menguatkan kondisi emosional satu sama lain.  Kondisi tukar isi pikiran ini dibiasakan selalu tidak hanya setelah kejadian ini saja. Kondisi seperti ini memerlukan bantuan orang - orang terdekat Anda, bersama-sama menguatkan, dan memang memerlukan waktu untuk merelakan yang sudah pergi. 

Apabila salah satu atau Anda sendiri mengalami keluhan sedih berkepanjangan sehingga tidak dapat beraktivitas, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesiaslis kesehatan jiwa (psikiater), tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan jangan merasa bahwa meminta pertolongan dokter jiwa adalah sesuatu yang tabu. Justru pakar seperti ini yang dapat memulihkan kondisi Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan pemuka agama sesuai dengan kepercayaan Anda, agar Anda senantiasa mendapatkan pertolongan dan diberikan semangat dalam memulihkan luka batin yang dialami.

Semoga Anda dan keluarga senantiasa diberikan kekuatan dan kesabaran selalu,

0 Komentar

Belum ada komentar