Sukses

Pertanyaan - #253548

17 Jul 2018, 09:16 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya. Dulu saya pernah jatuh dengan posisi bokong terlebih dulu waktu saya SD (sekitar 13 tahun lalu). Saat saya SMP mulai terasa nyeri pada bagian tulang ekor saya. Bahkan sampai sekarang jika saya duduk bersenderan maupun ketika melakukan sit up bagian tulang ekor saya terasa nyeri, bahkan jika kumat kadang nyeri terasa sampai paha walaupun posisi saya tidur. Sebenarnya masalahnya apa ya dok? Bagaimana penanganannya? Dan apakah keadaan saya sudah terlalu serius? Terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Selamat siang,

Terima kasih telah bertanya pada kami melalui fitur Tanya Dokter,

Kondisi yang Anda alami, yaitu sakit tulang ekor yang menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri punggung atau dalam medis sering disebut dengan Low back pain (LBP) dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis saraf agar dapat dipastikan secara mendetil, pemeriksaan fisik yang lengkap dan juga pemeriksaan penunjang seperti foto X-ray atau MRI daerah tulang belakang. Untuk penanganan selanjutnya bergantung pada hasil pemeriksaan lanjutan seperti foto X-ray dan MRI. Beberapa pilihan tindakan lanjutan dapat berupa tindakan rehabilitasi seperti pemasangan alat yang menyangga punggung dengan baik sampai dengan tindakan operatif apabila memang diperlukan.

Semoga penjelasan kami dapat membantu dan keluhan Anda dapat berangsur baik

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar