Sukses

BAB Warna Hitam

17 Jul 2018, 14:08 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat malam Dokter. saya mengalami peristiwa darah agak Hitam keluar pada saat BAB. sebelumnya saya belum pernah mengalami hal tersebut. biasanya kalau saya BAB memang sering lama, dan ketika tinja saya keras saya suka memaksa mengejan sampai keluar. --------- kejadiannya gini dok..! beberapa hari sebelumnya tinja saya keras, saya seringkali mengejan keras. pada hari berikutnya saya mengejan keras lagi, dan setelah selasai BAB rasanya terjadi bengkak di daerah Anus pada hari berikutnya saya coba makan buah agar tinja saya tidak keras, dan pada saat BAB tinja saya sudah tidak keras Dok, tetapi sudah ada darah yang agak hitam keluar. kira-kira apa penyebabnya dok, dan bagaimana solusinya..??

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang BAB Warna Hitam melalui fitur Tanya Dokter.

BAB warna hitam menandakan adanya perdarahan di saluran pencernaan. Namun apabila tidak hitam namun masih berwarna coklat gelap saja, hal tersebut dapat disebabkan karena asupan makanan atau asupan vitamin yang mengandung kadar zat besi dalam jumlah tinggi.

Pewarnaan feses berasal dari pemecahan bilirubin di dalam tubuh menjadi biliverdin di dalam usus. Warna feses normal berkisar kuning coklat sampai coklat gelap, tergantung asupan makanan. Jadi apabila feses Anda bukan berwarna hitam dan Anda tidak memiliki keluhan apapun dari pencernaan Anda, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Feses yang berwarna hitam dapat disebabkan karena terjadinya perdarahan pada daerah lambung dan darah yang keluar teroksidasi oleh sama lambung sehingga menyebabkan warna hitam pada feses atau karena konsumsi suplemen zat besi atau juga bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi oleh Anda. Untuk itu bila memang fesesnya berwarna hitam maka perlu diketahui bagaimana kondisi keadaan umum nda saat ini? Sudah berapa lama kondisi ini terjadi? Bagaimana dengan konsistensi feses? Adakah keluhan lain yang menyertai? Apa saja makanan atau obat-obatan yang dikonsumsi? Apakah Anda memiliki riwayat penyakit maag sebelumnya? Di mana kah kista yang Anda maksud?

Bila memang kondisi Anda mengkhawatirkan, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa Anda secara langsung, karena beliau yang lebih tahu kondisi iAnda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang BAB Warna Hitam. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar