Sukses

Pakai Gurita pada Anak Adakah Fungsinya?
17 Jul 2018, 10:11 WIB
Wanita, 3 tahun.

Assalamualaikum dok Saya punya dua anak perempuan,anak yg pertama wktu bayi saya pakaikan gurita hnya seminggu skrg sudah umur 5 tahun,sepertinya efek Krn sebentar memakai gurita,perutnya buncit apalagi klo udh mkn,yg paling parah anak kedua Krn mengikuti saran dokter,yg ktnya tdk boleh memakaikan gurita kepada bayi,anak kedua sy perutnya besar,pd saat belum mkn ataupun sesudah mkn,buncit besar ,sy bingung knp anak sy perutnya buncit semua,apakh ini dmpak tdk memakai gurita waktu bayi,krn klo melihat ponakan sy yg lain perutnya rata semua Krn mereka pakai gurita wktu bayi.

Terima kasih telah bertanya tentang pakai gurita pada anak melalui fitur Tanya Dokter. 

Penggunaan gurita pada bayi merupakan tradisi yang diturunkan dari nenek moyang kita sejak dulu. Gurita diyakini bermanfaat untuk mengecilkan perut dan mencegah pusar menjadi bodong. Hal ini ternyata hanyalah mitos belaka. Karena ketika baru lahir perut bayi memang terlihat lebih besar akan tetapi perut ini semakin lama akan semakin mengecil dengan sendirinya. Begitu pula dengan pusar yang bodong, lebih disebabkan oleh panjang puntung tali pusatnya yang memang besar dan panjang, dan bukan akibat tidak dipakaikan gurita. Untuk tali pusat yang belum puput, kain kassa saja sebenarnya sudah cukup membantu, tidak perlu sampai harus menggunakan gurita. Alih-alih mendapatkan untung, penggunaan gurita justru dapat menyebabkan antara lain:

keluhan kulit seperti gatal karena keringat yang terkumpul dan tidak dapat keluar karena terhalang oleh guritabayi menjadi sulit bernapas, terutama apabila tali gurita diikatkan terlalu kencang. Hal ini disebabkan oleh karena bayi memiliki pernapasan perut yang lebih dominan daripada pernapasan dadapemakaian gurita yang telalu kencang juga dapat menyebabkan aliran balik makanan yang telah masuk ke dalam lambung yang pada akhirnya dapat menyebabkan bayi menjadi muntah berulangDengan demikian penggunaan gurita pada bayi sebenarnya tidak memiliki manfaat yang jelas, sehingga penggunaannya lebih baik dihindari sejak awal.

Sementara untuk keluha perut buncit, apakah ibu pernah mengukur perut anak ibu? Perut buncit pada anak pada dasarnya wajar saja, karena proporsi tubuh mereka yang memang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Selama anak ibu makan dan minum baik, aktivitas sehari-hari baik, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar