Sukses

Sering Gatal di Kulit

17 Jul 2018, 10:11 WIB
Wanita, 18 tahun.

sering gatal2 d kulit trus klo d garuk timbul kya putih kelepus apakh itu dok dan bgaimna mengatasinya

Terima kasih telah bertanya tentang gatal dan bentol di kulit menggunakan fitur Tanya Dokter.

Perlu diketahui bahwa gatal dan bentol di kulit hanya merupakan salah satu gejala dari berbagai macam diagnosa, yang harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung.

Apakah ada obat-obatan atau makanan yang Anda konsumsi sebelum muncul bentol kemerahan? Apakah Anda memiliki riwayat alergi sebelumnya? Apa saja yang memicu munculnya gatal dan bentol di kulit Anda?

Jika benar yang anda alami berupa bentol kemerahan yang gatal di kulit, maka dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan istilah Urtikaria. Urtikaria memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala.

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)MakananGigitan/sengatan seranggaTrauma fisikBahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)Infeksi (bakteri, virus, cacing)Gangguan emosional/stresFaktor keturunanBeberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Adakah periode keluhan Anda hilang timbul? Jika pencetus dihindari bagaimana hasilnya? Adakah keluhan lain seperti sakit gigi atau diare? Adapun terlambat menstruasi kemungkinannya kecil berkaitan dengan bentol gatal ini.

Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya.

Untuk mengurangi rasa gatal dan bentol di kulit, sementara Anda dapat mengkonsumsi obat anti alergi seperti CTM, loratadin, atau cetirizin. Hindari kebiasaan menggaruk karena akan membuat kulit semakin gatal dan menyebabkan iritasi.Adapun bila kelainan kulit tidak kunjung hilang, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kulit karena penyebab bentol gatal bisa bermacam-macam. Pemeriksaan kulit secara langsung dibutuhkan untuk menentukan penyebabnya secara pasti.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar