Sukses

Pertanyaan - #253546

17 Jul 2018, 09:16 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok, saya mau bertanya, saya terakhir berhubungan intim dengan pasangan saya sebulan yang lalu tepat sehari sebelum saya menstruasi pada bulan itu (5 juni, jadwal mens saya tgl 6). Namun saya sekarang mengalami gejala-gejala kehamilan seperti telat menstruasi (sudah telat selama 10 hari), perut kembung dan kram (sejak tanggal 12 juli), payudara terasa sakit (mulai tanggal 15 juli), dan terdapat bercak darah kecoklatan (16 juli). jadi apakah gejala yg saya alami merupakan gejala kehamilan? dan apakah berhubungan intim tepat sehari sebelum menstruasi dapat mengakibatkan kehamilan?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter

Berhubungan intim yang besar kemungkinannya terjadi kehamilan apabila dilakukan pada masa subur. Namun masa subur seseorang relatif tidak mudah untuk dipastikan, kecuali dengan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan hormon dan pemeriksaan USG telur. Memang benar adanya bahwa tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah sering berkemih, pembesaran dan nyeri payudara, mual, perasaan lelah, daerah sekitar puting susu menghitam, peningkatan suhu tubuh, flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim, dsb. Pada beberapa wanita juga dapat terjadi flek- flek ringan. Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Gejala yang Anda alami memang mengarah kepada gejala kehamilan yang tidak pasti. Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan tespack (pemeriksaan kadar hormon beta HCG di urin) , pemeriksaan kadar hormon beta HCG darah, dan pemeriksaan USG (terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi dan terlihat gambaran janin pada USG atau scanning)

Untuk memastikan, sebaiknya Anda mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan untuk memeriksakan hal ini.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat,

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar