Sukses

Menggunakan KB IUD

17 Jul 2018, 09:50 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat sore dok Saya mau tnya sya uda 1 thn pke Iud dri prtma kontrol dan kontrol kedua bnang iud ny gk nmpak.tp saat usg iud ny bgus Itu gmn y dok msih aman atw ngga Dan klo di lepas susah atw ngga krn benang ny g ada

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Menggunakan KB IUD.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab apabila benang IUD tidak lagi teraba. Misalnya benang masuk ke dalam rahim akibat dorongan saat penetrasi, benang terputus, atau IUD telah keluar tanpa sepengetahuan Anda. Untuk itu diperlukan pemeriksaan untuk menentukan apakah benar IUD masih didalam rahim atau tidak, yaitu dengan pemeriksaan USG.

Bila IUD ada pada rahim sedangkan benang tidak lagi ada, maka diperlukan prosedur lebih lanjut untuk mengeluarkannya. Sebaiknya prosedur ini dilakukan oleh dokter kandungan. Untuk itu kami anjurkan Anda terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Menggunakan KB IUD. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Mah****** Pasaribu

    mlm dok.. saya mau tanya klo IUD tidak pernah di kontrol itu bahaya atau tidak dok .. karna setelah pasang slm 6 th saya baru cek sekali itu pun sudah 5th yg lalu.. tp jika saya raba benang nya masih ada .. berbahaya atau tidak dok jika tidak di cek secara rutin ??? trimakasih saya tunggu jawaban nya.