Sukses

Berhenti Merokok
17 Jul 2018, 08:49 WIB
Pria, 26 tahun.

selamat malam dok, yang mau saya tanyakan adakah obat yang bisa membantu seseorang berhenti merokok ? apa dan bagaimana caranya ?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

 

Kunci utama untuk berhenti merokok adalah kemauan yang keras, konsistensi dan pengendalian diri. Berikut adalah 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk berhenti merokok:

1. Buat rencana/program berhenti merokok. Setiap orang memiliki cara sendiri yang sesuai dengan dirinya, seperti berhenti merokok tanpa bantuan apapun, menetapkan tanggal berhenti merokok, terapi perilaku dengan konselor, terapi pengganti nikotin, dengan obat, maupun kombinasi pilihan-pilihan di atas.

2. Berusaha tetap sibuk, misalnya dengan berjalan santai atau berolahraga, mengunyah permen karet, usahakan tangan Anda tetap sibuk dengan memegang bolpen atau tusuk gigi, atau yang lainnya, minum banyak air, relaksasi dengan menarik napas dalam, pergi ke bioskop, menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga yang tidak merokok, makan di restoran yang bebas asap rokok.

3. Hindari pemicu merokok (bisa orang/komunitas, tempat, barang-barang, dan situasi). Kafein dapat membuat Anda gelisah sehingga dapat memicu untuk merokok. Minumlah air putih.

4. Tetap berpikiran positif dan berikan reward pada diri Anda setelah tidak merokok selama 24 jam atau bahkan lebih.

5. Minta dukungan orang lain. Katakan pada keluarga dan teman Anda hari di mana Anda akan benar-benar berhenti merokok. Beritahu bagaimana mereka bisa mendukung Anda menjalani program berhenti merokok.

Cara-cara di atas dapat dibantu dengan obat untuk berhenti merokok jika diperlukan. Namun perlu diingat, bahwa obat ini hanya membantu. Untuk benar-benar berhenti merokok selebihnya lebih terkait gaya hidup dan niat Anda.

Obat yang sering dipakai yaitu Bupropion hydrochloride. Ia bekerja dengan mengubah respon otak terhadap nikotin. Obat ini membuat merokok menjadi kurang menyenangkan dan mengurangi keinginan untuk merokok (craving) saat Anda sedang berusaha untuk berhenti. Keuntungan lain adalah:

  • Peluang untuk benar-benar berhenti merokok 2x lebih besar 
  • Tidak mengandung nikotin
  • Pada beberapa orang dapat menunda kenaikan berat badan setelah berhenti merokok

Bupropion biasanya diminum 2 minggu sebelum Anda berhenti merokok agar obat ini memiliki kadar yang stabil dalam tubuh Anda. Anda dapat tetap merokok sambil minum bupropion sampai tanggal Anda berhenti. Pada 3 hari pertama Bupropion diminum 1x sehari di pagi hari dan mulai hari ke-4 sampai akhir terapi diminum 2x sehari di pagi dan malam hari dengan jarak minimal 8 jam. Bupropion direkomendasikan untuk diminum selama 7-12 minggu. Untuk lebih jelas kapan Anda harus berhenti minum obat ini, konsultasikan dengan dokter Anda. Anda juga dapat berkonsultasi di RS/Klinik yang menyediakan layanan berhenti merokok.

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai Berhenti Merokok. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar