Sukses

Pantangan makanan setelah operasi

17 Jul 2018, 08:49 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat Malam Dok, saya baru saja dioperasi usus buntu 5 hari yang lalu, apakah saya boleh makan mie instan, minum kopi dan merokok ? dan biasanya berapa lama penyembuhan paska operasi usus buntu ?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Untuk pantangan makanan sesungguhnya tidak ada, namun ada baiknya pada waktu-waktu awal pasca operasi Anda mengonsumsi makanan yang bertekstur lunak dan tidak mengandung terlalu banyak serat, untuk menghindari pemberian beban yang berlebihan pada usus. Untuk lamanya penyembuhan tidak dapat dipastikan karena proses penyembuhan tiap orang berbeda-beda. Cobalah untuk beralih dari makanan lunak ke makanan keras secara perlahan dan lihat apakah ada efek samping yang muncul, jika tidak berarti usus Anda sudah mampu mencerna makanan dengan baik.

 

Sekitar 0-1 minggu pasca operasi, luka biasanya masih basah, bisa timbul nyeri, dan keluar cairan dari luka. Hal tersebut wajar terjadi, lama-kelamaan luka akan mengering dan cairan yang keluarpun akan semakin berkurang. Proses penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu antara 3-6 bulan.  Untuk pelepasan jahitan bergantung pada apakah luka sudah mulai kering atau belum, biasanya benang dilepas sekitar 1 minggu setelah operasi dengan melihat keadaan bekas jahitan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Hindari luka terkena basah saat mandi, jaga tetap kering dan gunakan salep antibiotik serta rajin mengganti kasa. Waktu penyembuhan yang diperlukan setelah operasi usus buntu juga bergantung pada prosedur, pemenuhan nutrisi, dan faktor psikologis setiap individu.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai Pantangan makanan setelah operasi dan Penyembuhan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar